Jum`at, 20 Juli 2018

Beritaddd



Pelatihan Juru Malaria Desa Kawasan Bukit Menoreh Angkatan II

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Juru Malaria Desa di Kawasan Bukit Menoreh, pada tanggal 12 s/d 14 Maret 2018 bertempat di Hotel Pesonna Malioboro, Yogyakarta telah diselenggarakan kegiatan pelatihan Juru Malaria Desa (JMD) Kawasan Bukit Menoreh Angkatan II tahun 2018. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Surveilans Eidemiologi BBTKLPP Yogyakarta ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan JMD dalam hal : penemuan secara dini penderita malaria klinis, kecepatan penyampaian notifikasi, kecepatan respon terkait penyelidikan epidemiologi dan penanggulangan kejadian malaria serta pengawasan kepatuhan minum obat penderita serta peran promosi kesehatan dalam upaya pengendalian malaria di masing-masing wilayah. Peserta pelatihan berjumlah 80 orang yang berasal dari 3 Kabupaten di Kawasan Bukit Menoreh yaitu Kabupaten Kulon Progo, Purworejo dan Magelang.

Dalam kesempatan pelatihan tersebut peserta memperoleh paparan materi tentang Situasi Malaria secara umum, Kebijakan Pengendalian Malaria, Peran BBTKLPP Yogyakarta dalam percepatan eliminasi Malaria, Penemuan penderita malaria klinis, tata laksana kasus dan pelaporan, Epidemiologi dan Pengendalian penyakit Malaria.

Tugas dan fungsi Juru Malaria Desa, Cara pemeriksaan malaria secara mikroskopis dan Rapid DiagnosticTest (RDT) dan Praktek pembuatan sediaan darah, oleh naraumber yang berasal dari Kementerian Kesehatan (Subdit Malaria) BBTKLPP Yogyakarta, Dinas Kesehatan D.I. Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan Magelang.

Scroll to Top