Selasa, 21 Agustus 2018

Beritaddd



Pantauan Kesiapsiagaan Bidang Kesehatan pada Mudik Lebaran Tahun 2014/1435 H di Merak-Bakauheni Lampung

Dalam rangka kesiapsiagaan mudik lebaran tahun 2014/1435 H bidang kesehatan, pada (17/7) Sesditjen PP dan PL, dr. H.M.Subuh, MPPM bersama tim pusat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, lintas sektor dan program diantaranya Humas Mabes POLRI, Pusdokkes POLRI, Dinas Kesehatan Provinsi, Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan ASDP melakukan pemantauan kesiapan Bidang Kesehatan Mudik Lebaran tahun 2014/1435 H, langsung ke beberapa fasilitas kesehatan di Merak-Bakauheni Lampung.
Sebelum melakukan pemantauan arus mudik, dr. H.M. Subuh, MPPM melakukan koordinasi dengan ASDP beserta jajarannya di Pelabuhan Merak Banten, dalam arahan Sesditjen menyampaikan bahwa tim kesehatan dan pos kesehatan sudah disiagakan untuk mengantisipasi arus mudik pada mudik lebaran tahun ini.
Pemantauan dilakukan pada beberapa lokasi jalur Merak-Bakauheni, antara lain Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak Banten, dalam perlayaran perjalanan diatas Kapal penyebrangan ke bakauheni-lampung, H.M Subuh juga memantau pelaksanaan pemeriksaan kadar alkohol dan zat berbahaya lainnya, Pemeriksaan Faktor Risiko Pengemudi di Kapal Ferry Portlink sebanyak 16 pengemudi bus AKAP oleh Dit. Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PPTM) Ditjen PP dan PL dan KKP Kelas II Banten, Setiap pengemudi Sesditjen PP dan PL juga memberikan informasi tentang Tips mudik sehat, aman dan selamat agar sampai ketujuan dengan selamat sesuai dengan amanah Menteri kesehatan RI,juga meninjau sanitasi di kapal, tempat penjual makanan di kapal tentang sanitasi makanan dan minuman yang dijual, agar penjual menjaga personal higiene seperti mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, mengunakan air yang mengalir (Air kran), menutup makanan yang telah diolah, menjaga kebersihan tempat dan sarana pengolahan makanan.
 
Setelah tiba di bakauheni-lampung sesditjen PP dan PL juga meninjau Posko Kesehatan wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang untuk mengetahui persiapan-persiapan Pos Kesehatan dan sarana kesehatan di Pelabuhan Bakauheni-Lampung yang akan diberikan pelayanan bagi pemudik yang mengunakan pelayanan di pelabuhan juga melakukan koordinasi dengan perhubungan bakauheni untuk mengkoordinasikan pelayanan-pelayan kesehatan yang dibutuhkan oleh pemudik.
Sesditjen PP dan PL juga menyempatkan diri memantau tempat –tempat umum yang ada di kawasan pelabuhan diwarung-warung yang menjajakan makanan kemasan agar mengingatkan kepada penjual agar selalu menjual makanan yang tidak kadaluarsa ,menjaga kebersihan baik diri sendiri dan tempat.
 
H.M Subuh  meninjau Puskesmas Rawat Inap Bakauheni – Lampung yang tak jauh dari pelabuhan bakaheuni, yang siap membantu pelayanan arus mudik lebaran apabila ada yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
 
Dalam kesempatan tersebut, Sesditjen PP dan PL memberikan bantuan berupa Hygiene kit, buku informasi kesehatan mudik lebaran tahun 2014/1435 M dan leaflet atau brosur Tips Perilaku Bersih dan Sehat Mudik Aman dan Selamat serta buku tips memilih makanan dan minuman waktu mudik kepada pengemudi. (bi/In)

Scroll to Top