Jum`at, 22 Juni 2018

Beritaddd



In House Training Biosafety dan Biosecurity

Dalam rangka meningkatkan kompetensi petugas laboratorium, telah dilaksanakan In House Training Biosafety dan Biosecurity pada tanggal 26 - 29 Maret 2018 di Aula BBTKLPP Yogyakarta. Acara dibuka oleh Kabid Pengembangan Teknologi dan Laboratorium (PTL) Indah Nur Haeni, SSi, MSc. Peserta pelatihan sebanyak 15 orang yang berasal dari hampir semua laboratorium di BBTKLPP Yogyakarta. Narasumber berasal dari Laboratorium Mikrobiologi FK UGM, BBVET Wates, PBTDK Litbangkes, BBPVRP Salatiga dan RS Sardjito.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah : Pendahuluan Biosafety dan Biosecurity di Laboratorium Biomedis, Penilaian Risiko Biologi, Prinsip-prinsip Biosafety, Prinsip-Prinsip Biosecurity, Agen Biologi Bakteri Parasit Virus Berbahaya Penyebab Infeksi Terkait Laboratorium, Agen Biologi Berbahaya Anthraks Arbovirus dan Virus Zoonotik Lainnya, Prinsip Biosafety dan Kriteria BSL bagi Laboratorium Vektor dan Entomologi, Prinsip Biosafety dan Kriteria BSL bagi Fasilitas Hewan Percobaan, Pemilihan Pemasangan, dan Penggunaan Biosafety Cabinet bagi Laboratorium Biomedis, Keselamatan Kerja dan Profilaksi Imunologis, Penanganan Limbah Infeksius, Sterilisasi Desinfeksi dan Dekontaminasi di Laboratorium Biomedis, Pengepakan dan Transportasi Spesimen Biologis (Virus), Pemeriksaan IgM Japanese Encephlitis metode ELISA dan Pengendalian Hama Terintegrasi.

Dalam penutupannya Kabid PTL mengharapkan agar apa yang sudah diperoleh dalam pelatihan ini dapat diaplikasikan di tempat bekerja masing-masing peserta.

Scroll to Top