Minggu, 22 April 2018

Beritaddd



Koordinasi Surveilans Faktor Risiko Penyakit Di Lingkungan Asrama Haji dan Jejaring Kerja Pengembangan Laboratorium Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah

Pada tanggal 12 April 2018 tim BBTKLPP Yogyakarta melaksanakan koordinasi dalam rangka Surveilans Faktor Risiko Penyakit di Lingkungan Asrama Haji dan sinkronisasi kegiatan terkait Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis serta Jejaring Kerja Pengembangan Laoratorium di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari tuan rumah Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Labkesda Semarang.

Salah satu tujuan kegiatan ini untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya untuk mensinkronkan pelaksanaan pengambilan sampel saat Embarkasi di Asrama Haji Donohudan yaitu penentuan waktu, jumlah sampel, jenis sampel dan lokasi/titik pengambilan sampel. Di akhir pertemuan diperoleh kesepakatan dari Dinkes Provinsi Jateng, KKP Semarang, Labkesda Semarang dan BBTKLPP Yogyakarta untuk pengambilan sampel saat Embarkasi.

Selain itu juga dilakukan koordinasi kegiatan PTL terkait kelaboratoriuman dan pengembangan teknologi tepat guna. Diharapkan dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk informasi data kejadian penyakit yaitu DBD, malaria, diare, ISPA, TB untuk mendukung pengembangan teknologi tepat guna yang tepat jenis dan tepat sasaran.

Koordinasi juga dilaksanakan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah untuk sharing informasi kegiatan. Dalam koordinasi ini Tim BBTKLPP Yogyakarta ditemui oleh Ibu Ammy Rita Manahulu, S.Hut, MSi selaku Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Bapak Ir. Marnang Haryoto selaku Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup Diharapkan dengan penguatan jejaring antar institusi dapat lebih optimal dalam melaksanakan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit.

Scroll to Top