Jum`at, 20 Juli 2018

Beritaddd



Rapat Koordinasi Teknis Program P2P Terintegrasi Dengan Program Kesehatan Masyarakat DIY Tahun 2018

Menindaklanjuti kegiatan koordinasi teknis Program Prioritas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI yang telah dilaksanakan pada tanggal 19-22 Maret 2018, Dinas Kesehatan DIY menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Program P2P terintegrasi dengan Program Kesmas DIY Tahun 2018 pada hari Rabu-Kamis, 18-19 April 2018 di Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Perwakilan dari BBTKLPP Yogyakarta yang menghadiri pertemuan ini adalah Kepala Bagian Tata Usaha (Dian Trikoriati, S.T., S.K.M., M.P.H.), Kepala Bidang Surveilans dan Epidemiologi (Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes.), dan Kepala Seksi Lingkungan Biologi (dr. Yohanna Gita Chandra, M.S.).

Pada hari pertama, pertemuan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembayun Setyaningastutie, M.Kes., dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Bantuan Operasional Kesehatan untuk Integrasi Program Melalui Penguatan Institusi Pelayanan Kesehatan oleh Sekretaris Ditjen Kesmas, dr. Kuwat Sri Hudoyo, M.S. Selanjutnya, penyampaian materi tentang Pemetaan Kewenangan Bidang-bidang di Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Percepatan Eliminasi TB, Penanggulangan Stunting, dan Peningkatan Cakupan, serta Kualitas Mutu Imunisasi oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembayun Setyaningastutie, M.Kes. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi secara panel tentang 1) Peran Bidang Pelayanan Kesehatan dalam Percepatan Eliminasi TB, Peningkatan Cakupan dan Kualitas Mutu Imunisasi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes DIY, drg. M. Taufik A.K., M.Kes., 2) Permasalahan Gizi di DIY dan Upaya Penanggulangannya oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes DIY, drg. Inni Hikmatin, M.Kes, dan 3) Strategi Percepatan Eliminasi TB dan Peningkatan Cakupan serta Kualitas Mutu Imunisasi oleh Kepala Bidang P2MK, dr. Akhmad Akhadi S., M.P.H.

Pada hari kedua, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes R.I., dr. Anung Sugihantono, M.Kes, memberikan pengarahan tentang Strategi Pelaksanaan Percepatan Eliminasi TBC, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan serta Mutu Imunisasi. Setelah itu, diberikan materi tentang Penurunan Stunting melalui Konvergensi, Koordinasi, dan Konsolidasi Program Nasional, Daerah, dan Masyarakat serta Monitoring dan Evaluasi oleh Direktur Gizi Masyarakat, R. Giri Wurjandaru, S.K.M., M.Kes. Acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok berdasarkan kabupaten/kota untuk merumuskan kegiatan integrasi dalam rangka percepatan eliminasi TBC, pencegahan dan penanggulangan stunting, dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi. Setelah presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok, sebagai penutup dilakukan penandatangan kesepakatan rencana aksi program oleh Kepala Bidang P2MK Dinas Kesehatan DIY, Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan DIY, Kepala Bidang P2P dan Kepala Bidang Kesmas masing-masing kabupaten/kota di DIY, perwakilan instansi vertikal Kementerian Kesehatan R.I. di DIY yaitu dari BBTKLPP Yogyakarta, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Yogyakarta, serta Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta.

Scroll to Top