Selasa, 14 Agustus 2018

Beritaddd



Workshop Peningkatan Kapasitas B/BTKLPP dalam Program P2 Penyakit Kusta

Workshop Peningkatan Kapasitas B/BTKLPP dalam Program P2 Penyakit Kusta Kegiatan workshop peningkatan kapasitas B/BTKLPP dalam program P2 Penyakit kusta dilaksananakan tanggal 23-28 April 2018 di Swiss-Belinn Hotel Jl. Manyar Kertoarjo. No.100, Sabrang, Mulyorejo, Surabaya. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, dilanjutkan beberapa materi oleh narasumber dari Direktorat P2ML, Badan Litbangkes, TDC, UNAIR, RS Dr. Sutomo, RS Kusta Sumber Glagah dan BBTKLPP Surabaya.

Sedangkan peserta workshop dari kelompok fungsional pranata laboratorium kesehatan (PLK) dari 10 perwakilan B/BTKLPP se Indonesia. Dari BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh E. Kristanti, ST., MSc.

Intensifikasi workshop adalah penemuan kasus kusta melalui pengambilan dan pemeriksaan laboratorium (skin smear) serta pemantauan resistensi M.leprae terhadap obat kusta dengan mengunakan metoda PCR.

Hasil keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan kemampuan petugas laboratorium di wilayah layanan dalam mendukung intensifikasi penemuan kasus baru melalui skin smear, peningkatan pengetahuan dan kemampuan petugas B/BTKLPP dalam hal skin smear serta pemantauan resistensi M. leprae terhadap obat kusta metode PCR.

Scroll to Top