Jum`at, 20 Juli 2018

Beritaddd



Pendampingan Laboratorium Daerah di UPT Labkesda Kota Surakarta

Pendampingan Laboratorium Daerah di UPT Labkesda Kota Surakarta Dalam rangka meningkatkan kapasitas laboratorium daerah dan tindak lanjut keikutsertaan uji banding yang diselenggarakan BBTKL Yogyakarta tahun 2016 dan 2017, maka selama 2 hari pada tanggal 3 dan 4 Mei 2018 telah dilakukan pendampingan di UPT Labkesda Kota Surakarta. Tim BBTKLPP Yogyakarta terdiri dari 2 orang.

Pada pendampingan ini dilakukan investigasi terhadap hasil uji banding yang diikuti pada tahun 2016, investigasi dilakukan pada beberapa parameter yang kurang memuaskan yaitu parameter Nitrit, Nitrat dan Sulfat. Investigasi dan diskusi ini dilakukan bersama Kepala UPT Labkesda Kota Surakarta, dr. Guntur Lawu Wibowo beserta 4 (empat) tenaga teknis laboratorium. Pada kesempatan ini Tim BBTKLPP Yogyakarta selain membantu mencari akar penyebab masalahnya juga memberikan saran untuk tindak lanjutnya.

Selain itu, juga dilakukan diskusi tentang laboratorium terakreditasi dan pemahaman ISO/IEC 17025:2017 dimana Labkesda Kota Surakarta sudah mulai berproses dalam membuat dokumen yang diperlukan untuk Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK). Dengan Pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas UPT Labkesda Kota Surakarta dan mendorong menjadi laboratorium penguji yang terakreditasi.

Scroll to Top