Selasa, 21 Agustus 2018

Beritaddd



Bimbingan Teknis Petugas Lapangan Bantuan Kebutuhan Dasar Bidang Kesehatan Dan Air Bersih

Pada tanggal 30 April-5 Mei 2018, BBTKLPP Yogyakarta mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Petugas Lapangan Bantuan Kebutuhan Dasar Bidang Kesehatan yang diselenggarakan oleh BNPB. Kegiatan bertempat di Hotel Aryaartta Yogyakarta dan diikuti 42 orang peserta berasal dari beberapa BPBD dari seluruh Indonesia, perwakilan Dinkes Kab/kota di DIY dan Jateng, PMI DIY, Dokpol DIY dan dari BBTKLPP.

Acara dimulai dengan penyampaian materi oleh narasumber berasal dari Pusat yaitu 1) Ka. Pusat Krisis Kesehatan menyampaikan materi Kebijakan kluster kesehatan; Emergency Medical Team dan Koordinasi multistakeholder bidang kesehatan, 2) dari Dit. Kesling menyampaikan Standar kualitas air minum dan bantuan sarana dan prasarana higiene dan sanitasi sebagai pemenuhan kebutuhan dasar saat keadaan darurat bencana dan tata Laksana Pengawasan Kualitas air minum dan air bersih pada kondisi bencana 3) Kasubdit Malaria menyampaikan Respon KLB penyakit menular Vektor dan Zoonotik 4) Kasubdit Bantuan Kesehatan dan Air Bersih mensosialisasikan Perka BNPB No.03 tahun 2016 dan Perban Nomor 2 tahun 2018 5) dari Dokkes Polda DIY menyampaikan Studi kasus identifikasi korban awan panas gunung Merapi di Kab. Sleman Tahun 2010, 6) Kabid DVI Polri menyampaikan Organisasi dan Kebijakan DVI di Indonesia 7) Ketua PMI DIY menyampaikan materi logistik bantuan kesehatan dan distribusi air bersih pada saat keadaan darurat bencana, 8) dari UNOCHA dan UNICEF menyampaikan materi Koordinasi multistakeholder Bidang Air Bersih dan knowledge sharing bantuan kesehatan, air dan sanitasi pada saat keadaan darurat bencana, 9) dari BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan materi Pemeriksaan cepat kualitas air dan penerapan TTG pada saat keadaan darurat bencana.

Selanjutnya peserta dibagi menjadi 5 kelompok, masing2 kelompok mendapat tugas untuk mengidentifikasi permasalahan dan menyusun solusi sesuai topik yang diberikan. Acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan yaitu ke Dokkes Polda DIY, BBTKLPP Yogyakarta dan simulasi kegiatan WASH oleh tim dari BPBD Bantul dan PMI DIY yang diselenggarakan di pantai Parangtritis.

Scroll to Top