Selasa, 21 Agustus 2018

Beritaddd



Pertemuan Surveilans Vektor Dan Evaluasi Pengendalian Vektor Dan Binatang Pembawa Penyakit (PVBPP)

Dalam rangka penyusunan buku petunjuk teknis Surveilans Vektor Berbasis Laboratorium (SVBL) maka Subdit. Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit (VBPP), melalui salah satu UPT-nya di daerah, yakni BBTKLPP Yogyakarta telah mengawali penyusunan draft awal juknis dimaksud. Draft kemudian dipaparkan dan dibahas dalam Pertemuan Surveilans Vektor dan Evaluasi Pengendalian Vektor dan BPP yang diselenggarakan Subdit. VBPP tanggal 24 – 27 Mei 2018 di Hotel Santika Premiere, Bekasi, Jawa Barat.

Pertemuan dihadiri peserta perwakilan dari, antara lain: (1) Subdit. dalam jajaran Direktorat P2PTVZ (Subdit. VBPP, Malaria, Filariasis, Arbovirosis dan Zoonosis); (2) Komite Ahli (KOMLI) VBPP; (3) Dinas Kesehatan Provinsi (DKI, Sumut, DIY dan Sulsel); (4) BBTKLPP (Jakarta dan Banjarbaru); dan, (5) KKP (Soekarno-Hatta, Tanjung Periuk, Batam dan Denpasar).

Direktur P2PTVZ, Ibu Elizabeth Jane Soepandi, MPH, D.Sc. berkesempatan membuka acara secara resmi dan memaparkan materi Kebijakan P2PTVZ. Sebelum agenda utama (pemaparan dan pembahasan draft awal juknis SVBL) terlebih dahulu dipresentasikan materi, antara lain: perkembangan organisasi profesi PEKI (Perhimpunan Entomolog Kesehatan Indonesia), PEI (Perhimpunan Entomolog Indonesia) dan HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia); Perkembangan pendidikan entomologi kesehatan (UNDIP); dan Surveilans vektor Riskus (Riset Khusus) Vektora (BBPPVRP). Pemaparan Draft Juknis SVBL dilakukan fungsional Entomolog Kesehatan dari BBTKLPP Yogyakarta (Dr. Andiyatu, SKM, M,Si), sementara pemberian tanggapan/masukan oleh KOMLI VBPP dan peserta pertemuan, mulai dari Judul, Sistimatika Penulisan, Batang Tubuh yang berisi Bab I (Pendahuluan), Bab II (Landasan Hukum dan Pengertian), Bab III (Kerangka Pikir dan Konsep SVBL), Bab IV (Ruang Lingkup dan Prosedur Kerja SVBL), dan Bab V (Penutup) serta Daftar Pustaka dan Lampiran.

Dari pembahasan draft selama 2 sesi, masing-masing dipandu moderator Prof. M. Sudomo (Ketua KOMLI VBPP) dan Prof. Din Syafruddin (Lembaga Eijkman) diperoleh masukan/saran perbaikan. Sebagai rencana tindak lanjut: (1) Perbaikan draft juknis SVBL tetap dilanjutkan BBTKLPP Yogyakarta sebagai penanggungjawab, yang dalam penyusunannya dapat berkoordinasi dengan BBTKLPP Jakarta, Banjarbaru dan Surabaya; (2) Perbaikan draft sesuai masukan/hasil diskusi dan dikirimkan ke Subdit. VBPP dan KOMLI untuk mendapat masukan kembali; dan (3) tim penyusun melakukan perbaikan draft untuk selanjutnya dipaparkan kembali pada bulan Juli 2018.

Scroll to Top