Selasa, 21 Agustus 2018

Beritaddd



Pemeriksaan Faktor Risiko Kecelakan Lalu Lintas Pada Pengemudi Angkutan Umum Di Kabupaten Sragen

Pada tanggal 4 Juni 2018, BBTKLPP Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, Polres Sragen dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sragen menyelenggarakan pemeriksaan faktor risiko kecelakaan lalu lintas di Terminal Bus Pilangsari Sragen. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan memberikan rekomendasi kelayakan mengemudi.

Sasaran kegiatan ini adalah pengemudi angkutan umum antar kota dan antar provinsi. Faktor risiko kecelakaan yang diperiksa adalah: 1) Gula Darah Sewaktu (GDS), 2) Tekanan Darah, 3) Kadar Amphethamine dalam urine dan 5) kadar alkohol pernafasan. Berdasarkan hasil pemeriksaan, responden akan diberikan rekomendasi yaitu; 1) layak, 2) layak dengan catatan dan 3) tidak layak. Rekomendasi layak diberikan kepada responden bila hasil pemeriksaan Alkohol pernafasan dan Amphetamin dalam urine negatif, tekanan darah normal/Hipertensi ringan dan GDS Normal. Rekomendasi layak dengan catatan diberikan bila hasil pemeriksaan Alkohol pernafasan dan Amphetamin dalam urine negatif, tetapi tekanan darah menunjukkan Hipertensi sedang dan/atau GDS >200 mg/dl. Rekomendasi tidak layak diberikan jika salah satu/semua hasil pemeriksaan Alkohol pernafasan dan Amphetamin dalam urine positif, atau jika hasil pemeriksaan Alkohol pernafasan dan Amphetamin dalam urine negatif tetapi tekanan darah menunjukkan Hipertensi berat dan/atau GDS>200 mg/dl tetapi disertai dengan gejala penyerta.

Dari hasil pemeriksaan diperoleh 30 orang responden yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Berdasarkan trayeknya, 80% responden adalah pengemudi angkutan antar provinsi, 17% pengemudi angkutan antar kota dan 3% pengemudi bus pariwisata. Hasil pemeriksaan menunjukkan 70% responden layak mengemudi, 30% responden layak dengan catatan karena mengalami Hipertensi dan/atau GDS>200 mg/dl, dan tidak ada responden dengan rekomendasi tidak layak.

Scroll to Top