Senin, 25 Juni 2018

Beritaddd



Pelatihan Peningkatan Kualitas Tempat-Tempat Umum (TTU) Pada Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam Arus Mudik di Kota Yogyakarta Tahun 2018

Menindaklanjuti Sosialisasi Hasil Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam Arus Mudik di Kota Yogyakarta Tahun 2018 tanggal 16 Mei 2018, maka pada tanggal 22 Mei 2018 Tim BBTKLPP Yogyakarta melakukan Pelatihan Peningkatan Kualitas TTU Pada Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam Arus Mudik di Kota Yogyakarta Tahun 2018 di Just Juice Cafee Jl. Brigjen Katamso 214 Yogyakarta. Peserta pelatihan diantaranya dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Puskesmas Danurejan, Puskesmas Umbulharjo I, Terminal Giwangan, Stasiun Lempuyangan dan beberapa perwakilan pedagang yang telah dilakukan IKL dan pengambilan sampel.

Pembukaan acara pelatihan oleh Tri Setyo Winaryanto, ST., M.Sc selaku Ka.Sie Lingkungan Fisik Kimia BBTKLPP Yogyakarta sekaligus menyampaikan materi tentang Penyediaan Air Bersih dan Desinfeksi, serta praktek Cara Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar. Materi selanjutnya disampaikan oleh Prabowo, SKM., M.Kes selaku tim kajian BBTKLPP Yogyakarta terkait dengan Pengelolaan Sampah Padat dan limbah cair, serta Sumber Penyakit yang Berasal dari Makanan, Udara, Air, Tanah, Vektor/Binatang. Selain itu disampaikan pula materi terkait 5 Kunci Keamanan Pangan dan Bahan Tambahan Makanan yang tidak boleh digunakan dan yang diijinkan Kementerian Kesehatan oleh Sri Ningsih, S.ST., M.T selaku tim kajian BBTKLPP Yogyakarta.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi, hasil diskusi dengan peserta berjalan dengan lancar untuk perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan di Stasiun dan Terminal. Harapannya dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan pada tempat-tempat pengelola makanan dalam situasi arus mudik.

Scroll to Top