Selasa, 14 Agustus 2018

Beritaddd



Upaya Pengurangan Faktor Risiko Penyakit Berbasis Lingkungan Dalam Rangka Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit di Lingkungan Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah Tahun 2018

Menindaklanjuti Persiapan Pengumpulan Data Awal dalam rangka Surveilans Faktor Risiko Penyakit di Lingkungan Asrama Haji yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2018, maka tim BBTKLPP Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 2018 melaksanakan Kegiatan Upaya Pengurangan Faktor Risiko Penyakit Berbasis Lingkungan.

Tim BBTKLPP Yogyakarta diterima oleh staf UPAD Surakarta AHD yaitu Bapak Joko Pujiono. Setelah berdiskusi, kegiatan dilanjutkan dengan praktek ke lapangan yang pada kesempatan ini diikuti oleh 3 orang staf UPAD Surakarta AHD dan 1 orang petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali. Kegiatan yang dilakukan adalah pengecekan pembersihan IPAB, pembuatan bahan koagulan, pengecekan dan setting debit larutan PAC, larutan soda ash dan larutan kaporit serta dilakukan pengecekan Sisa Chlor.

Menindaklanjuti adanya keluhan dari bagian laundry dan dapur mengenai penambahan kaporit dalam air bersih, maka BBTKLPP Yogyakarta membantu dalam mengatasi permasalah tersebut. Untuk tetap menjaga kualitas air bersih yang digunakan, selama ada kegiatan di Asrama Haji Donohudan akan dilakukan pengecekan Sisa Chlor secara rutin oleh petugas.

Dengan adanya persiapan yang matang dan pemantauan secara rutin diharapkan faktor risiko penyakit berbasis lingkungan dapat ditekan dan diturunkan sehingga jamaah calon haji dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman.

Scroll to Top