Selasa, 22 Agustus 2017

Berita



Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Pembangunan Kesehatan yang Baik, Bersih dan Melayani dengan Semangat Reformasi Birokrasi

Dalam rangka menindaklanjuti arahan Menteri Kesehatan dalam penandatangan komitmen tanggal 9 Januari 2015 untuk melaksanakan pembangunan kesehatan yang baik, bersih dan melayani dengan semangat Reformasi Birokrasi di lingkungan ditjen PP dan PL beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada dibawahnya, pada hari Kamis tanggal 26 Februari 2015 bertempat di Aula Lantai 3 Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP( Yogyakarta telah dilaksanakan acara Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Pembangunan Kesehatan yang Baik, Bersih dan Melayani dengan Semangat Reformasi Birokrasi yang diikuti oleh Pejabat Struktural dan Fungsional di BBTKLPP Yogyakarta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IV Yogyakarta yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehan DIY, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangungan (BPKP) DIY dan Kepala Bagian Program dan Informasi Inspektorat Jenderal Kemenkes RI.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya oleh seluruh peserta dilanjutkan dengan pembacaan doa pembukaan. acara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Direktur Jenderal PP dan PL Kemenkes R.I yang diwakilkan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. Hari Santoso, SKM, M.Epid, MH.Kes.  Pada kesempatan tersebut, Dirjen PP dan PL menyampaikan bahwa dalam rangka mengawal pelaksanaan program yang baik dan benar, peran Direktorat Jenderal PP dan PL adalah memberikan keyakinan atas pencapaian tujuan Kementerian Kesehatan, sekaligus sebagai peringatan dini (early warning) dan pencegahan terhadap potensi penyimpangan/kecurangan yang terjadi. Dukungan Ditjen PP dan PL dalam meraih Opini WTP di Kemeterian Kesehatan telah dilakukan melalui berbagai upaya seperti penerapan SPIP di tingkat Pusat dan UPT yang dimonitor dan di evaluasi secara terus menerus, melaksanakan Permenkes No14 tahun 2014 tentang pengendalian gratifikasi dilingkungan kementerian kesehatan, melaksanakan pembinaan dan pengendalian program dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja satuan kerja di lingkungan ditjen PP dan PL beserta UPT nya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Inspektorat Jenderal Kemenkes R.I yang diwakili oleh Kepala Bagian Program dan Informasi, Dede Mulyadi, SKM, M.Kes. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan  setelah penandatangan komitmen bersama ini, seluruh jajaran wajib menindaklanjuti komitmen yang telah diikrarkan bersama serta menjadikan kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, tetapi harus bisa menjadi panutan atau role model bagi seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan guna memberikan pelayanan kesehatan yang baik, efesien dan murah kepada masyarakat.

Pada acara ini juga disampaikan materi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dari Perwakilan BPKP DIY yang disampaikan oleh Ibu Dra. Tytut Ratih Kusumo, AK, C.Fr.A. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa SPIP bukanlah hal yang baru di lingkungan instansi pemerintah, bahkan sudah dilaksanakan pada waktu sebelumnya, akan tetapi saat ini pelaksanaan SPIP diharapkan lebih tertata dengan baik dan benar. Salah satu contoh yang ada adalah dengan telah dibuat dan dilaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) di lingkungan satuan kerja, termasuk di BBTKLPP Yogyakarta.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk melaksanakan pembangunan kesehatan yang baik, bersih dan melayani dengan semangat Reformasi Birokrasi yang dimulai dari Pejabat Struktural dilanjutkan pejabat fungsional dan diakhiri dengan foto bersama.

Scroll to Top