Selasa, 22 Agustus 2017

Berita



Surveilan Laboratorium Kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta

Laboratorium penguji dan kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta telah menerapkan sistem manajemen akreditasi laboratorium sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2008 dan telah mendapatkan pengakuan formal dari Komite Akreditai Nasional (KAN) berupa sertifikat akreditasi sebagai laboratorium penguji dan kalibrasi. Tahun 2015 ini dilakukan surveilan laboratorium kalibrasi untuk menilai penerapan sistem manajemen sehingga masih layak atau tidak untuk dipertahankan sebagai laboratorium akreditasi.

Surveilan dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) Jakarta dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2015  oleh asesor Ibu Untari Pudji Astuti (Asesor Kepala) dan Bapak Mardino (Asesor) dari KAN terkait penerapan ISO IEC 17025/2008 baik aspek teknis maupun aspek manajemen. Pembukaan surveilan dihadiri oleh personil terkait akreditasi. Dalam Pembukaan, Kepala Bagian Tata Usaha BBTKLPP Yogyakarta selaku Manajer Administrasi dengan mengucapkan selamat datang kepada asesor. Harapannya survailen bisa lancar dan bisa mempertahankan status akreditasinya. Semoga hasil temuan ketidaksesuaian, baik ringan maupun sedang bisa diselesaikan secepatnya. Keberadaan asesor harus bisa dimanfaatkan, jika ada hal yang belum paham ditanyakan agar bisa meningkatkan kualitas laboratorium BBTKLPP Yogyakarta. Setelah penyampaian sambutannya. Selanjutnya sambutan dari asesor kepala,  Ibu Untari Pudji Astuti berisi tentang perkenalan tim asesor dan penjelasan agenda survailen yang akan dilaksanakan hari ini. Pelaksanaan surveilan dimulai dengan kunjungan singkat ke fasilitas laboratorium. Agenda surveilan antara lain: wawancara dan diskusi dengan para manajer, deputi manajer dan staf terkait.

Setelah pelaksanaan survailen 1 (satu) hari ini, dilanjutkan dengan pembuatan laporan oleh tim asesor berisi hasil temuan ketidaksesuaian yang dibacakan pada saat penutupan. Diharapkan, laboraorium kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta tetap dapat mempertahankan status akreditasinya.

Scroll to Top