Sabtu, 18 November 2017

Berita



Model/Teknologi Sterilisasi Alat Makan di Pondok Pesantren dan Asrama Haji

Kajian ini bertujuan untuk mendapatkan rancang bangun model/prototipe sterilisasi terhadap peralatan makan dan minum di pondok pesantren dan asrama haji. Tujuan khusus (1). Diperoleh model/prototipe sterilisasi terhadap peralatan makan dan minum di pondok pesantren dan asrama haji dan (2). Diketahuinyaefektifitas model/prototipe sterilisasi terhadap peralatan makan dan minum di pondok pesantren dan asrama haji yang dibuat. Tahapan kajian terdiri atas : Tahap asesmen TTG yang terdiri atas kegiatan koordinasi, survei dan pengumpulan data serta pesiapan alat dan bahan untuk pembuatan rancang bangun alat. Tahapan kedua, adalah tahap pelaksanaan kajian, yang terdiri atas rancang bangun alat, implementasi, pengambilan, dan pengambilan contoh dan pemeriksaan laboratorium.Kajian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern Gontor VI, Sawangan, Magelang dan di Kantin BBTKLPP Yogyakarta. Prinsip sterilisasi menggunakan intensitas lampu UV dan generator ozone yang dipasang di dalam lemari sterilisator.

Hasil uji fungsi menunjukkan adanya penurunan angka kuman di peralatan makan dari sebelum proses sterilisasi dilakukan selama 30 menit dibandingkan dengan setelah proses sterilisasi dilakukan. Diketahui, alat gelas mengalami persentase penurunan sebesar (97-99%). Efektifitas sterilisasi pada piring lebih rendah, diperoleh kisaran penurunan 78-85%. Dapat disimpulkan bahwa efektifitas sterilisasi pada gelas dan sendok cukup tinggi, namun belum memenuhi baku mutu menurut Permenkes RI No 1096/Menkes/RI/2011.

Untuk mendapatkan hasil sterilisasi hingga memenuhi baku mutu, perlu dilakukan penambahan intensitas lampu UV dan generator Ozone yang digunakan, serta menambah waktu kontak anatara alat makan selama berada di ruang sterilisasi.

Ket : Jika memerlukan dokumen full version dapat mengirim permintaaan dokumen ke email : info@btkljogja.or.id

Scroll to Top