Sabtu, 18 November 2017

Berita



Investigasi kejadian filariasis di kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jateng

Berdasarkan informasi dari Dinkes Kabupaten Kendalmelalui surat Nomor 660/3747/Dinkes tertanggal 12 Oktober2015, diketahui ada dugaan kasus filariasis di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Kendalmengajukan permohonan kerjasama ke BBTKLPP Yogyakarta untuk penyelidikan epidemiologi terhadap kejadian filariasis tersebut. Untuk itu BBTKLPP Yogyakarta mengirimkan tim ke lokasi dan bersama-sama dengan Dinkes Kabupaten Kendal melakukan investigasi kejadian filariasis tersebut. Tujuan penyelidikan epidemiologi untuk memastikan bahwa kasus adalah penderita filariasis, mencari penderita baru dan mengetahui potensi risiko penularan setempat.

Investigasi dilakukan oleh tim BBTKLPP Yogyakarta dan DKK Kendal pada tanggal 29 s.d. 31 Oktober 2015. Jumlah kasus dugaan filariasis di Kabupaten Kendal sejumlah satu orang dan bertempat tinggal  di Desa Pesaren, Dusun Pucungkerep  Rt.3 / RW.04 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Propinsi Jawa Tengah. Investigasi dilakukan dengan pemeriksaan darah kasus dengan menggunakan ICT Filariasis Test untuk filariasis bancrofti dan wawancara dengan kasus untuk mengetahui riwayat penyakit. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan darah jari pada penduduk di sekitar kasus untuk mendapatkan penderita baru.

Kasus mengalami pembengkakan tungkai kaki bawah seperti tanda pembengkakan pada penyakit filariasis. Kasus diduga terinfeksi filariasis tidak di Kabupaten Kendal. Hasil pemeriksaan dengan menggunakan ICT pada kasus hasilnya negatif dan pemeriksaan SDJ pada 96 orang di sekitar kasus menunjukkan hasil negatif.

Ket : Jika memerlukan dokumen full version dapat mengirim permintaaan dokumen ke email : info@btkljogja.or.id

Scroll to Top