Senin, 25 Juni 2018

Beritaddd



Kajian Dampak Debu Industri Semen Terhadap Lingkungan dan Fungsi Faal Paru Masyarakat Sekitar Industri di Kabupateng Cilacap, Jateng

Kegiatan dilakukan di wilayah kerja (wilker) Puskesmas Cilacap Utara II Kabupaten Cilacap. Data yang dikumpulkan adalah kualitas udara ambien pemukiman dan kondisi faal paru responden. Jumlah titik sampel udara sebanyak 2 titik, yaitu di Desa Karangtalun (sebagai desa terdampak) dan Desa Tritihkulon. Jumlah responden total sebanyak 60 orang, 31 dari Desa Karangtalun, dan 29 orang dari Desa Tritihkulon.

Hasil kajian menunjukkan kualitas udara ambien di pemukiman terdampak lebih rendah dibandingkan di luar pemukiman terdampak. Hasil uji fungsi faal paru menuunjukkan sebanyak 65% responden memiliki kondisi kapasitas paru dikategorikan tidak normal, 51% di antaranya berdomisili di pemukiman terdampak dengan pajanan debu melebihi BMUA. Untuk mengurangi risiko akibat debu di sekitar industri semen, perlu dilakukan pengelolaan risiko dengan meminimalkan emisi dari sumber dan menurunkan konsentrasi debu di media lingkungan.

Ket : Jika memerlukan dokumen full version dapat mengirim permintaaan dokumen ke email : info@btkljogja.or.id

Scroll to Top