Senin, 25 Juni 2018

Beritaddd



Uji Petik Kualitas Makanan di TPM Kabupaten Sleman, DIY

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui  keadaan sanitasi tempat pengelolaan  makanan (TPM) di Kabupaten Sleman,  mengetahui keadaan usap tangan penjamah makanan berdasarkan parameter biologi, mengetahui kualitas makanan di tempat pengelolaan makanan (TPM) di Kabupaten Sleman berdasarkan parameter kimia tambahan, mengetahui kualitas makanan, minuman, alat masak, serta alat makan dan minum di tempat pengelolaan makananan (TPM) di Kabupaten Sleman berdasarkan parameter biologi.

Kajian ini adalah kajian deskriptif  yaitu menggambarkan  kondisi sanitasi, keadaan usap tangan penjamah makanan,  kualitas makanan berdasarkan  parameter bahan kimia tambahan, kualitas makanan,  alat masak, serta makan dan minum berdasarkan parameter biologi di tempat pengelolaan makanan (TPM) di wilayah Kerja Puskesmas Mlati I, Puskesmas Godean II, Puskesmas Pakem dan Puskesmas Depok I Kabupaten Sleman.

Berdasarkan hasil survei dan observasi TPM di Kabupaten Sleman masih memerlukan perbaikan:  fasilitas pencucian peralatan, pengawasan serangga, kebersihan konstruksi bangunan dan pengetahuan penjamah serta penyaji mengenai penyakit bawaan. Tidak ditemukan bakteri E. coli pada semua  usap tangan penjamah makanan (100%), meskipun semua usap tangan penjamah 50% tidak memenuhi syarat jumlah angka kuman( > 0 CFU/cm2). Tidak diketemukan  bahan kimia tambahan dalam makanan pada contoh uji yang diambil di 14 TPM. Tidak diketemukan  kontaminan bakteri  patogen  dalam contoh uji yang diambil di 14 TPM, Jumlah Angka Kuman pada alat masak 50 % tidak memenuhi syarat ( >0 CFU/cm2)  namun  tidak diketemukan bakteri E. coli pada alat masak.

Ket : Jika memerlukan dokumen full version dapat mengirim permintaaan dokumen ke email : info@btkljogja.or.id

Scroll to Top