Selasa, 22 Agustus 2017

Berita



Pertemuan Penyusunan Standar Produk dan Tahapan Analisis Beban Kerja Unit Pelaksanan Teknis BTKLPP

Dalam rangka mendukung Reformasi Birokrasi, Kemenkes telah menetapkan 8 (delapan) area perubahan yang harus dilaksanakan, yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik, penataan tata laksana, penataan peraturan perundang-undangan, penguatan pengawasan, penataan dan penguatan organisasi, penataan sistem manajemen aparatur, penguatan akuntabilitas kinerja, dan manajemen perubahan pola pikir dan budaya kerja.
Kementerian Kesehatan dalam waktu dekat akan menetapkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Peta Jabatan di Lingkungan Kementerian Kesehatan termasuk Peta Jabatan pada KKP dan BTKLPP. Peta Jabatan tersebut selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam Inpassing Nasional Jabatan Fungsional pada KKP dan BTKLPP sebagaimana diamanatkan oleh Permenan RB No 26 tahun 2016 tentang Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing.

Untuk memenuhi amanat Peraturan perundang-undangan tersebut di atas, Ditjen P2P melalui Sekretariat Ditjen P2P saat ini telah berproses dalam melakukan penyusunan standarisasi produk dan tahapan ABK online di Lingkungan UPT Ditjen P2P (KKP dan B/BTKLPP), apabila telah disepakati produk dan tahapan serta norma waktunya, maka akan dijadikan sebagai standar produk, tahapan dan norma waktu B/BTKLPP yang selanjutnya akan dimasukan ke dalam data base Aplikasi ABK online versi 2016 sebagai dasar untuk menginput data ABK online yang akan digunakan untuk keperluan Pengangkatan PNS dalam jabatan Fungsional melalui penyesuaian atau Inpassing Nasional di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya harus menyusun analisis jabatan, peta jabatan, analisis beban kerja dan uraian tugas terhadap seluruh jabatan di lingkungan Kementerian Kesehatan termasuk di Lingkungan UPT Ditjen P2P yaitu KKP dan B/BTKLPP. Sehubungan dengan itu, dilaksanakan Pertemuan Penyusunan Standar Produk dan Tahapan Analisis Beban Kerja Unit Pelaksanan Teknis B/BTKLPP yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari B/BTKLPP Se-Indonesia dengan fasilitator dari Bagian Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat (Hukormas) Sesditjen P2P.

Acara dilaksanakan selama 5 hari dimulai tanggal 14 sampai dengan tanggal 18 Mei 2017, bertempat di Kantor BBTKLPP Yogyakarta. Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Ditjen P2P, dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA didampingi oleh Plt. Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. Hari Santoso, SKM, M.Epid, MH.Kes dan Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat, Sri Handini, SKM, MH, M.Kes.

Dalam arahan, Bapak Sesditjen menekankan bahwa melalui pertemuan ini yang dihadiri oleh para Kepala BTKLPP segera menyelesaikan dan menyepakati standar produk, tahapan dan norma waktu dari ABK online B/BTKLPP. Kemudian beliau mengucapkan terimakasih kepada narasumber/fasilitator dan penyelenggara yang akan mendampingi dan memfasilitasi peserta selama pertemuan ini berlangsung.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyusunan analisis beban kerja dengan pembagian kelompok-kelompok diskusi yang terdiri dari Bidang Surveilans Epidemiologi (SE), Bidang Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan, Bidang Pengembangan (ADKL), Bidang Pengembangan Teknologi dan Laboratorium (PTL) dan Bagian Tata Usaha (TU). Setelah dilaksanakan diskusi kelompok, dilakukan pemaparan hasil penyusunan ABK dan dilanjutkan kompilasi untuk diserahkan kepada Unit Eselon 1 (Ditjen P2P).

Scroll to Top