Rabu, 22 November 2017

Berita



Deteksi Dini Kanker Payudara dan Mulut Rahim Bagi Karyawati PT. Samitex Melalui Test Iva dan Sadanis

Bulan Oktober ini diperingati sebagai Breast Cancer Awareness Month atau Bulan kesadaran kanker Payudara. Bulan kesadaran kanker payudara ini diciptakan pada tahun 1985 sebagai upaya kolaborasi antara American Academy of Family Physicians dan AstraZeneca Healthcare Foundation and CancerCare, Inc., dan berbagai sponsor yang lain untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara serta mengingatkan wanita akan pentingnya deteksi dini kanker payudara. (sumber:The breast cancer research foundation, National Breast Cancer awareness Month Organization, Susan . Komen for the Cure disitasi dari https://www.emaxhealth.com/1275/98/33967/brief-history-breast-cancer-awareness-month.html). Saat ini peringatan bulan kesadaran kanker payudara telah berkembang dan diperingati di berbagai negara baik oleh organisasi pemerintah dan berbagai asosiasi medis profesional yang bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker payudara dengan memberikan pendidikan kepada masyarakat akan bahaya, penyebab, gejala, pencegahan sampai pengobatan tentang kanker payudara dan melakukan deteksi dini kanker payudara massal.

Di Indonesia Bulan kanker payudara mengambil tema “Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker”. Hal ini diwujudkan dengan memberikan pelayanan berupa test IVA untuk deteksi dini kanker mulut rahim dan Sadanis untuk deteksi dini kanker payudara. Sehubungan dengan hal tersebut Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta melakukan kegiatan “Deteksi Dini Kanker Payudara dan Mulut Rahim bagi Karyawati PT. Samitex melalui test IVA dan Sadanis” Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 9 dan 10 Oktober 2017 bertempat di aula PT. Samitex Sewon Bantul. Dalam penyelenggaraan ini BBTKLPP Yogyakarta juga bekerjasama dengan RSUP dr. Sardjito, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, dan Poltekkes Yogyakarta Jurusan Kebidanan, sehingga kegiatan dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, MKM yang dikuti dengan sambutan dari Direktur RSUP. Sardjito, Dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, SpOG.(K). Dalam acara pembukaan ditekankan bahwa kanker payudara dan mulut rahim dapat disembuhkan asal diketahui secara dini, sehingga pemeriksaan IVA dan Sadari sangat penting untuk mencegah kanker payudara dan mulut rahim.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan bagi karyawati PT. Samitex yang disampaikan oleh Unit Promkes dan RSUP Sardjito mengenai bahaya, penyebab, gejala, tindakan pencegahan, hingga pengobatan jika terkena penyakit kanker payudara.

Dari kegiatan ini berhasil diperiksa sebanyak 177 orang dengan hasil 5 (lima) orang positif dengan benjolan pada test sadanis dan 13 orang positif pada test IVA. Selanjutnya bagi peserta dengan hasil positif dirujuk ke Puskesmas sesuai domisili untuk penanganan lebih lanjut. Besar harapan kami agar kegiatan ini bermanfaat untuk menjaring wanita yang menderita kanker payudara dan mulut rahim secara dini serta meningkatkan kesadaran bagi wanita yang belum melakukan pemeriksaan untuk segera melakukan pemeriksaan ke pusat pelayanan kesehatan terdekat atau melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari)

Scroll to Top