Jum`at, 25 Mei 2018

Beritaddd



Penilaian Implementasi KTR di Kabupaten Magelang dan Wonosobo

Pada tanggal 26 Februari - 2 Maret 2018, BBTKLPP Yogyakarta melakukan kegiatan Penilaian Implementasi KTR di Kabupaten Magelang dan Wonosobo. Tahapan kegiatan terdiri atas persiapan, pengumpulan data, dan sosialisasi hasil. Tahap persiapan dilakukan pada hari 1 tanggal 26 februari 2018, tim dari BBTKLPP Yogyakarta dan Direktorat P2PTM mengunjungi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk memaparkan rencana kegiatan, dilanjutkan dengan penyusunan jadwal dan pembagian tim untuk bertugas di Kabupaten Magelang dan Wonosobo.

Tahap Pengumpulan dan pengolahan data dilaksanakan pada hari 2-4 (27 febr -1 maret 2018), melibatkan petugas dari Dit. P2PTM Kemenkes, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kab. Magelang, Dinas Pendidikan Kab. Magelang, dan Satpol PP. Pemantauan dilaksanakan di 15 sekolah dan 4 OPD yang dipilih secara simple random sampling. Penilaian implementasi KTR dilakukan dengan menggunakan form observasi dan wawancara untuk penanggungjawab sekolah. Selanjutnya dipilih secara simple random sampling 3 SMP per kabupaten untuk dilakukan pengisian kuesioner dan pemeriksaan kadar CO pernafasan pada 30 siswa per sekolah.

Hasil analisa data menunjukkan: di kabupaten magelang 4 dari 15 sekolah yang dipantau berstatus KTR, sedangkan keempat OPD yang dipantau belum ada yg berstatus KTR sedangkan di kabupaten Wonosobo, dari 15 sekolah yang dipantau, belum ada yang berstatus KTR, untuk OPD, hanya Puskesmas yang sudah berstatus KTR. Selanjutnya sosialisasi hasil dilakukan pada hari ke-5 tanggal 2 maret 2018 bertempat di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah kepada lintas sektor dan program terkait. Dari hasil sosialisasi diperoleh masukan mengenai kegiatan penilaian KTR diantaranya pentingnya advokasi kepada pemerintah daerah untuk terbitnya peraturan daerah terkait KTR sebagai penguatan untuk penegakan KTR di sekolah.

Scroll to Top