Sosialisasi Hasil Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam Arus Mudik di Kota Semarang Tahun 2018


Menindaklanjuti hasil Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) dan pengambilan sampel makanan, minuman, air bersih, usap tangan penjamah/penyaji di rumah makan/warung makan didalam lingkungan Stasiun Tawang dan Terminal Penggaron Kota Semarang tanggal 17 dan 18 April 2018, maka pada tanggal 6 Juni 2018 tim BBTKLPP Yogyakarta melakukan Sosialisasi Hasil Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam Arus Mudik di Kota Semarang Tahun 2018 di Hotel Setos, Jl. Inspeksi Gajahmada, Semarang. Peserta sosialisasi dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, Puskesmas, Terminal Penggaron, Stasiun Tawang dan beberapa perwakilan pedagang yang telah dilakukan IKL dan pengambilan sampel.

Pembukaan acara sosialisasi oleh Ka.Sie Lingkungan Fisik Kimia BBTKLPP Yogyakarta Tri Setyo Winaryanto, S.T., M.Sc sekaligus memberikan Pemaparan Hasil Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam Arus Mudik di Kota Semarang Tahun 2018. Disampaikan pula materi terkait Peraturan/Kebijakan Daerah tentang Tempat-Tempat Umum oleh Yuli Kurniasih P, S.K.M., M.Kes selaku Ka.Sie Promkes dan Kesling Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Diskusi berjalan dengan lancar karena peserta sangat aktif dan antusias dalam berdiskusi. Acara Sosialisasi ditutup oleh Yuli Kurniasih P, S.K.M., M.Kes dengan menghimbau kepada para pedagang untuk menerapkan kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan agar dapat mencegah terjadinya KLB pada saat arus mudik.