Diseminasi Informasi Kegiatan Analisis Dampak Faktor Risiko Penyakit Berpotensi KLB di Lingkungan Sekolah di Kabupaten Bantul Tahun 2018


Menindaklanjuti kegiatan Pengambilan Data Lingkungan dalam rangka Analisis Dampak Faktor Risiko Penyakit Berpotensi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Lingkungan Sekolah di Kabupaten Bantul tanggal 26, 28 Februari dan 1 Maret 2018, maka pada tanggal 17 Juli 2018 Tim BBTKLPP Yogyakarta melaksanakan pertemuan Diseminasi Informasi Kegiatan Analisis Dampak Faktor Risiko Penyakit Berpotensi KLB di Lingkungan Sekolah di Kabupaten Bantul Tahun 2018.

Kegiatan dilaksanakan di Waroeng Pohon Omah Sawah Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Peserta diseminasi sebanyak 15 orang yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Puskesmas dan Sekolah Dasar yang menjadi lokasi kajian. Acara diseminasi dibuka oleh dr. Yohanna Gita Chandra, M.S. selaku Kepala Seksi Lingkungan Biologi BBTKLPP Yogyakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil kajian Analisis Dampak Faktor Risiko Penyakit Berpotensi KLB di Lingkungan Sekolah di Kabupaten Bantul Tahun 2018 oleh Atikah Mulyawati, S.K.M.

Hasil pengambilan data lingkungan menunjukkan masih ada beberapa kondisi kesehatan lingkungan sekolah yang belum memenuhi syarat kesehatan dan dapat menjadi risiko terjadinya penyakit berpotensi KLB. Berdasarkan hasil tersebut BBTKLPP Yogyakarta memberikan beberapa rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan mengendalikan faktor risiko penyakit berpotensi KLB di Lingkungan Sekolah. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan penyerahan laporan tertulis hasil kajian.