Supervisi Pengambilan Sampel dalam rangka Surveilans Faktor Risiko Penyakit di Lingkungan Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali


Pada tanggal 1 Agustus 2018 Kepala BBTKLPP Yogyakarta dan Kepala Bidang ADKL melakukan Supervisi Pengambilan Sampel dalam rangka Surveilans Faktor Risiko Penyakit di Lingkungan Asrama Haji Donohudan.

Kedatangan Tim BBTKLPP Yogyakarta diterima oleh Kepala UPAD Surakarta AHD dan Kepala KKP Kelas II Semarang. Kepala UPAD Surakarta AHD dan Kepala KKP Kelas II Semarang berterimakasih atas kerjasamanya dalam pengelolaan air bersih/air minum dan pemantauan kualitas alat makan/masak serta makanan minuman selama proses embarkasi berlangsung.

Kegiatan supervisi dilanjutkan dengan mengevaluasi pelaksanaan pengambilan sampel dan pengambilan data secara wawancara pada penjamah dan penyaji makanan yang dilakukan oleh petugas BBTKLPP Yogyakarta dan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali apakah sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Titik pengambilan sampel sama dengan titik pengambilan sebelumnya agar dapat terpantau perubahan kualitas dari pengambilan sampel pertama sampai pengambilan keempat atau terakhir. Dengan adanya Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit di Lingkungan Asrama Haji Donohudan diharapkan dapat mewujukan kualitas lingkungan yang sehat sehingga dapat mencegah terjadinya dampak buruk bagi kesehatan jamaah haji.