Pertemuan Koordinasi Teknis Pelayanan Publik


Pada tanggal 15 Agustus 2018 BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Teknis Pelayanan Publik. Pertemuan ini dilaksanakan di aula kantor BBTKLPP Yogyakarta. Acara diawali dengan sambutan Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. Dalam sambutannya, Kepala BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan bahwa pertemuan terkait pelayanan publik sangat penting karena BBTKLPP Yogyakarta merupakan laboratorium rujukan yang memberikan pelayanan untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah baik untuk pelayanan aktif maupun pasif.

Pada pertemuan ini materi pertama disampaikan oleh Heri Radison, S.K.M., M.K.M., Q.I.A. dari Inspektorat Jenderal III. Materi yang disampaikan Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu (Dumasdu), yaitu antara lain tentang cara menangani pengaduan dan tujuan dibentuknya tim dumas. Dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua mengenai Kebijakan Kementerian Kesehatan dalam Pelayanan Publik dan Pelayanan Informasi Publik oleh narasumber dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati, M.Kes. Dalam materi ini dikupas tuntas bagaimana memberikan pelayanan yang "WOW" kepada pelanggan. Selanjutnya adalah materi ketiga mengenai Peningkatan Mutu Interaksi Layanan Publik yang disampaikan Bapak Prawito dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik. Dapat diambil garis besar dari materi ini bahwa pelanggan adalah orang terpenting, melayani customer/pelanggan adalah suatu kebutuhan, branding harus kita yang menentukan sendiri, untuk menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan maka layanan perlu direncanakan dengan matang.

Pertemuan ditutup oleh Dr. dr. Irene, M.K.M, Kepala BBTKLPP Yogyakarta dengan pesan jangan takut untuk terus berubah ke arah yang lebih baik agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Melayani dengan sepenuh hati dan selalu terapkan senyum, sapa dan salam.