Workshop Uji Profisiensi Sebagai Jejaring Metrologi


Pada tanggal 7 November 2018 BBTKLPP Yogyakarta  mengikuti "Workshop Uji Profisiensi sebagai Jejaring Metrologi" yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  di Ruang auditorium P3KLL, Gedung 210 Kawasan Puspitek, Jl. Raya Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Acara dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Agus Justianto. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi penyelenggaraan workshop mengingat uji profisiensi dapat digunakan sebagai tool evaluasi dalam rangka pengembangan laboratorium lingkungan di Indonesia.


Workshop ini dihadiri sekitar 90 peserta yang terdiri dari internal KLHK, 23 Laboratorium roadmap metrologi bidang lingkungan atau peserta uji profisiensi laboratorium lingkungan, Pusat Penelitian Metrologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta Direktorat Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi KAN.


Materi utama yang diberikan adalah :  Ketertelusuran Pengukuran/Pengujian Parameter pH, DHL, dan COD (Dra. Nuryatini, MSc); Ketertelusuran Pengukuran Parameter Logam (AAS) (Christine Elishian, MSc). Setelah materi dilanjutkan dengan diskusi mendalam tentang sumber-sumber kesalahan hasil pengujian pH, DHL, COD dan logam yang terbagi dalam 2 kelompok.  Hasil diskusi   kemudian dipresentasikan oleh masing -masing kelompok.


Penutupan dilakukan oleh Kepala Bidang Metrologi dan Kalibrasi P3KLL Ir. Wisnu Eka Yulyanto, diharapkan  semua laboratorium akan membuat hasil investigasi uji profisiensi yang outlier serta diusahakan akan dilakukan pendampingan oleh P3KLL. Keikutsertaan BBTKLPP yang diwakili oleh Nila Cakrawati dalam workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan laboratorium faktor risiko/lingkungan di BBTKLPP Yogyakarta dalam menguatkan hasil pengujian laboratorium yang berkualitas.