Pertemuan Sinkronisasi Diseminasi Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bawaan Air Melalui Depot Air Minum (DAM)


Pada tanggal 4 dan 7  Desember 2018, dilaksanakan pertemuan Sinkronisasi/ Diseminasi kegiatan Surveilans  Faktor Risiko Penyakit Bawaan Air Melalui Depot Air Minum(DAM) di dinas kesehatan  Kabupaten Blora , Provinsi Jawa Tengah dan dinas kesehatan  D.I. Yogyakarta. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan rencana kegiatan tahun 2019.

Untuk pelaksanaan kegiatan di Jawa Tengah pada tgl 4 Desember 2018 yang berlokasi  di Kab. Blora  sesuai dengan  saran/ masukan dari dinkes prov Jateng. Kegiatan sinkronisasi  dr BBTKLPP YK  ini ditemui  oleh kepala Seksi Farmin yaitu ibu Nanik yang memberikan informasi bahwa DAM di Kab Blora ada 183 dengan kualitas biologi 100 % positif.

Sedangkan kegiatan sinkronisasi DAM di Dinkes D.I.Yogyakarta dilaksanakan pada tgl 7 Desember 2018, kedatangan Tim BBTKLPP Yogyakarta ditemui oleh  Kepala Seksi Kesmas Bapak  Gamal yang memberikan arahan bahwa kegiatan untuk tahun 2019  diharapkan sinergi dengan program nasional yang ada di Yogyakarta salah satunya kegiatan PTM yang terkait Stunting. Diharapkan rencana kegiatan DAM  di alokasikan di wilayah Bantul atau Kulonprogo  mengingat wilayah tersebut terdapat  stunting 30 jiwa, sehinga  dapat diketahui apakah ada korelasi  antara konsumsi air minum dari DAM  dengan perkembangan badan. Data tsb nantinya dapat  digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk tindaklanjut terkait stunting.