Pertemuan Diseminasi Kegiatan Penanggulangan KLB Dalam Rangka Peningkatan Kerja Sama Lintas Program Dan Lintas Sektor Dalam Penanggulangan KLB di Kota Semarang


Pada hari Senin tanggal 10 Desember 2018 BBTKLPP Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kota Semarang menyelenggarakan Pertemuan diseminasi kegiatan penanggulangan KLB dalam rangka peningkatan kerja sama LP dan LS dalam penanggulangan KLB. Pertemuan yang bertempat di Aula Bapelkes Semarang tersebut dihadiri 48 orang yang berasal dari Dinkes Prov Jawa Tengah, Dinkes Kota Semarang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bappeda, beberapa puskesmas, RS Tugurejo, Pondok Pesantren dan beberapa organisasi masyarakat seperti Aisyiah dan PKK di Kota Semarang serta BBTKLPP Yogyakarta.


Pertemuan dibuka dengan sambutan dari BBTKLPP Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Seksi Advokasi dan KLB, Dien Arsanti, SKM., M.Env. Disampaikan bahwa latar belakang diselenggarakannya pertemuan ini adalah meningkatnya kasus Difteri tidak hanya di Kota Semarang tetapi di Provinsi Jawa Tengah secara umum. Dimana untuk menurunkan kasus difteri dapat dicapai salah satunya dengan terlaksananya imunisasi pada sasaran sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Untuk itu tujuan dari pertemuan ini adalah sebagai sarana untuk advokasi kepada masyarakat mengenai pentingnya imunisasi dan untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat mengenai imunisasi melalui pihakt yang berhubungan/terakit langsung dengan masyarakat.


Materi pertemuan terdiri dari: 1) Imunisasi: Aspek Kepentingan Dalam Implementasi Klinis oleh Ketua IDAI, Ibu Dr. Wistiani SpA(K), M.Si.Med, 2) Situasi Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) dan Penanggulangannya di Kota Semarang oleh dr. Syiska Maulana, Kepala Seksi P2TMS Dinkes Kota Semarang 3) Kebijakan dan Situasi Terkini Pengendalian PD3I di Provinsi Jawa Tengah oleh dr. Anastasia Tri Yuli Susanti MH, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan 4) Imunisasi Ditinjau Dari Segi Agama Oleh Bapak Ahmad Daroji, MUI Kota Semarang

Hasil pertemuan menyimpulkan bahwa berbagai upaya dalam pencegahan dan pengendalian PD3I oleh pemerintah sudah dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak terkait seperti Kemenag. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan kerjasama dapat dilakukan dengan sektor.yang lebih luas sehingga program imunisasi sebagai salah satu program untuk pencegahan PD3I dapat berjalan dengan lebih baik lagi.