Sosialisasi Rencana Kegiatan Analisis Dampak Faktor Risiko Penyakit Bawaan Air Melalui Depot Air Minum (DAM) di Kabupaten Rembang Tahun 2019


Pada tanggal 11-12 Februari 2019 tim kajian BBTKLPP Yogyakarta melaksanakan koordinasi dan sosialisasi rencana Kegiatan Analisis Dampak Faktor Risiko Penyakit Bawaan Air Melalui Depot Air Minum (DAM). Tim BBTKLPP Yogyakarta diterima oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dr. Nurani Her Utami, didampingi oleh Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olah Raga Al Furqon, S.I.Kom, S.K.M., dan Staf Sie Kesling Kesjaor Rini Setyowati, S.K.M.


Sedangkan sosialisasi  yang berupa pertemuan dilaksanakan tanggal 12 Februari 2019  dihadiri oleh sepuluh orang peserta yaitu tiga orang petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, dua orang petugas Puskesmas, satu orang petugas Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah, satu orang petugas Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, dua orang petugas Asosiasi DAM dan satu orang petugas Kepolisian Resort Rembang.


Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang Kesmas dr. Nurani Her Utami. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih kepada BBTKLPP Yogyakarta yang telah memilih Kabupaten Rembang untuk dijadikan tempat kajian/penelitian. Dalam pertemuan diundang juga dari Polres karena ada surat yang meminta jika ada kegiatan yang berhubungan dengan DAM pihak Polres agar dilibatkan. Sambutan kedua dari BBTKLPP Yogyakarta oleh Kepala Bidang ADKL Feri Astuti, S.T., M.P.H. yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan peserta menghadiri pertemuan. Dalam sambutannya disampaikan tujuan kegiatan yaitu untuk melakukan deteksi dini dan pencegahan penyakit bawaan air melalui DAM. Meskipun jumlah DAM yang akan disurvei tidak bisa seluruhnya, namun diharapkan hasil yang ada dapat membantu memberikan gambaran kondisi di lapangan untuk pedoman pengawasan selanjutnya oleh Dinkes.


Pada pertemuan ini untuk pemaparan materi disampaikan oleh Kepala Seksi Lingkungan Fisik Kimia Tri Setyo Winaryanto, S.T., M.Sc., penjelasan pengisian kuesioner oleh koordinator tim kegiatan Sri Ningsih, S.ST., M.T. yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi.
Pertemuan ditutup oleh Kepala Seksi Kesling Kesjaor Kabupaten Rembang Al Furqon, S.I.Kom, S.K.M. dengan harapan kegiatan dapat terlaksana dengan lancar dan bermanfaat. Disampaikan juga terima kasih kepada BBTKLPP Yogyakarta yang telah berkenan membantu dengan kegiatan tersebut.