Pertemuan Koordinasi Kegiatan Sistem Surveilans Sentinel Japanese Encephalitis (S3JE) di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019


Pada hari Rabu, tanggal 13 Februari 2019, tim kegiatan Sistem Surveilans Sentinel Japanese Encephalitis (S3JE) BBTKLPP Yogyakarta dipimpin oleh Kepala Bidang ADKL, Ibu Feri Astuti, S.T., M.P.H., melaksanakan Pertemuan Koordinasi S3JE tahun 2019 dengan RSUP Dr Sardjito, Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dan Subdit Arbovirosis Direktorat P2PTVZ Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI. Pertemuan dilaksanakan di Ruang Rajawali RSUP Dr. Sardjito, dan dibuka oleh Wakil Direktur SDM dan Pendidikan RSUP Dr. Sardjito, drg. Rini Sunaring Putri. M.Kes. Dalam pertemuan ini, dr. Galuh Budhi L., M.Kes., dari Subdit Arbovirosis menyampaikan arahan mengenai rencana penguatan S3JE di DIY, dengan menambah lima RSUD dan empat RS swasta ke dalam jejaring S3JE yang sudah ada.

Penguatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh mengenai kasus JE di DIY. Pada pertemuan ini juga dipaparkan hasil pengujian spesimen S3JE selama tahun 2018 oleh BBTKLPP Yogyakarta, yaitu sebanyak 31 spesimen dengan hasil negatif, dan perbaikan formulir investigasi untuk mempermudah pengumpulan data. Pada akhir pertemuan disepakati bahwa pemilihan rumah sakit yang akan dilibatkan dalam kegiatan S3JE akan didasarkan pada kesediaan RS untuk ikut serta, jumlah kasus AES yang ditangani, dan komitmen RS dalam kegiatan surveilans.