Koordinasi dan Konsultasi Program Kesehatan Lingkungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang di BBTKLPP Yogyakarta Tahun 2019


Dalam rangka menambah wawasan terkait kesehatan lingkungan maka pada tanggal 13 Maret 2019 telah dilakukan kegiatan Koordinasi dan Konsultasi tentang Program Kesehatan Lingkungan dari Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang di BBTKLPP Yogyakarta. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan dan Kesjora Bp. Asyhar Kuncoro, S.K.M., didampingi oleh lima orang petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang. Tim diterima oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Ibu Dr. dr. Irene, M.K.M beserta Ka.Bid PTL, Ka.Bid ADKL dan staf ADKL di Ruang Rapat Kepala BBTKLPP Yogyakarta. Bp. Asyhar Kuncoro, S.K.M menyampaikan bahwa di Kabupaten Semarang terdapat 26 Puskesmas yang tersebar di 19 kecamatan. Dari 26 Puskesmas tersebut belum seluruhnya mempunyai tenaga sanitarian yang berlatar belakang pendidikan kesehatan lingkungan. Puskesmas yang telah memiliki petugas sanitarian dengan pendidikan kesehatan lingkungan baru berjumlah 13 Puskesmas, sedangkan 13 Puskesmas lainnya dirangkap oleh tenaga kesehatan yang lain. Selain itu, disampaikan juga maksud dan tujuan koordinasi/konsultasi ke BBTKLPP Yogyakarta yaitu untuk mengenal lebih dekat dan mohon bantuan untuk bimbingan petugas sanitarian di Kabupaten Semarang agar sanitarian-sanitarian tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya. Menanggapi hal tersebut Ibu Indah Nur Haeni, S.Si, M.Sc. selaku Ka.Bid PTL menyampaikan bahwa BBTKLPP Yogyakarta menyambut baik kedatangan dan rencana pertemuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang. Disampaikan pula bahwa Bidang PTL juga mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan, seperti pengolahan air yang tidak memenuhi syarat baik fisik, kimia maupun biologi, penanganan kasus-kasus KLB, sterilisasi udara, dan lain sebagainya. Kemudian Kepala Bidang ADKL Ibu Feri Astuti, S.T, M.P.H menyampaikan bahwa bidang ADKL juga mengerjakan kajian-kajian yang ada kaitannya dengan kesehatan lingkungan seperti kajian DAM, pammaskarta, sekolah, haji, arus mudik, event khusus, dan lain sebagainya. Dalam diskusinya pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang berencana untuk mengajak petugas sanitariannya berkunjung ke Yogyakarta dalam rangka menimba ilmu di BBTKLPP Yogyakarta dan ke salah satu daerah STMB di Yogyakarta. Dalam kesempatan itu Bp. Budi Aryawar juga menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan direncanakan pada awal bulan Mei 2019 dengan peserta sanitarian lama dan baru, sehingga diharapkan untuk sanitarian lama dapat sebagai penyegaran ilmu dan sanitarian baru untuk menambah ilmu.

Acara ditutup dengan penyampaian ucapan terimakasih dari Bp. Asyhar Kuncoro, S.K.M atas diterima kedatangannya di BBTKLPP Yogyakarta, dengan harapan kerjasama ini bisa berkelanjutan. Dari pihak BBTKLPP Yogyakarta juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dan berharap agar kerja sama ini tetap terjalin.