Pertemuan Pembahasan & Penyusunan Laporan Layanan Kewaspadaan Dini Berbasis Laboratorium Tahun 2019


Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya personil dalam penyusunan laporan layanan kewaspadaan dini berbasis laboratorium khususnya untuk menunjang penerapan statistik pada penyusunan dan publikasi ilmiah data pasif, maka BBTKLPP Yogyakarta mengadakan Pertemuan Pembahasan & Penyusunan Laporan Layanan Kewaspadaan Dini Berbasis Laboratorium.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2019, dengan narasumber dari  Fak MIPA UII Yogyakarta yaitu ibu Dr. Is Fatimah, M.Si. Jumlah peserta sebanyak 25 orang . Acara dibuka oleh Bapak Sukoso,S.ST, M.Sc.

Materi pertemuan mencakup:

  1. Pengolahan dan Penyajian Data: Data Collection, Kind of Quantitative Data, Analysis Technique in Analyzing Data, Data Descriptive and Correlation Vs Regression.
  2. Publikasi Ilmiah: Langkah Menulis Ilmiah, Etika Publikasi, Karakteristik Artikel Ilmiah, Pemilihan Jurnal Ilmiah.
  3. Plagiarisme : “Kecurangan” di Dunia Ilmiah, Plagiarisme dalam Penulisan, Klasifikasi Plagiarisme, Pencegahan Plagiarisme, Hal yang Bukan Plagiarisme, Sanksi Plagiarisme, dan Undang-undang Hak Cipta.

Pertemuan ditutup oleh Bapak Sukoso, S.ST, M.Sc. Diharapkan setelah mengikuti pertemuan, peserta dapat mengimplementasikan dalam kegiatan kajian bidang dan menunjang penyusunan data pasif  sehingga dapat menyusun laporan analisis data pasif yang lebih menarik dan  komunikatif serta lebih informatif dalam menampilkan hasil analisis data pasif tersebut .