Koordinasi kegiatan Kewasapadaan Dini dan Penanggulangan KLB Zoonosis ke Kabupaten Sukoharjo


Meningkatnya kasus penyakit Zoonosis terutama Leptospirosis dengan angka kematian yang cukup tinggi, perlu disikapi dengan meningkatkan Kewaspadaan dini dan penanggulangan penyakit Zoonosis. Kab Sukoharjo tidak termasuk daerah endemis leptospirosis namun angka kejadian leptospirosis cukup tinggi dengan IR tahun 2018 adalah 1,92. Selain itu Kab Sukoharjo berbatasan dengan Kabupaten Klaten yang endemis leptospirosis dengan IR tahun 2018 adalah 5,72. Untuk itu pada tanggal 18 April 2019, tim BBTKLPP Yogyakarta yang terdiri dari kepala Seksi Advokasi dan KLB serta dua orang staf Epidemiolog Kesehatan melakukan kunjungan ke Dinkes Kab Sukoharjo.

Tujuan kunjungan, selain untuk mengetahui situasi penyakit Leptospirosis di Kabupaten Sukoharjo, juga untuk menyampaikan rencana kegiatan sekaligus meminta dukungan dan merencanakan teknis pelaksanaan kegiatan. Tim BBTKLPP Yogyakarta diterima oleh Kasie P2 dan dua orang staf pengelola program Leptospirosis. Selanjutnya Tim BBTKLP Yogyakarta menyampaikan rencana kegiatan, diantaranya bahwa kegiatan akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sukoharjo khususnya pada kecamatan/wilayah puskesmas dengan kasus terbaru di Tahun 2019, Kegiatan yang dilaksanakan antara lain observasi lingkungan, pemeriksaan sampel darah dengan metode PCR dan MAT pada sampel darah tikus, sapi, kambing, marmot serta sampel manusia. Selanjutnya Dinkes Kabupaten Sukoharjo menyambut baik rencana kegiatan Kewasapadaan Dini dan Penanggulangan KLB Zoonosis Penyakit Leptospirosis dan menyampaikan bahwa kasus leptospirosis terbaru yang terlaporkan terjadi di tanggal 4 Maret 2019 di Kecamatan Kartasura sebanyak 1 kasus.

Selanjutnya dilakukan diskusi mengenai teknis pelaksanaan kegiatan, disepakait bahwa Dinkes Kabupaten Sukoharjo akan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Puskeswan mengenai pelaksanaan kegiatan dan akan segera menghubungi tim BTKL Jogja bila menerima laporan kasus baru leptospirosis di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Selanjutnya BBTKLPP Yogyakarta akan menyiapkan tim dan alat bahan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan.