Rapat Koordinasi Pembinaan Administrasi Kepegawaian (Rakonpeg) di Lingkungan Kemenkes Tahun 2019, Hotel Dafam Fortuna, 24 April 2019


Rapat koordinat ini dilaksanakan dengan mengusung tema “Membangun SMART ASN Kementerian Kesehatan menuju Birokrasi Berkelas Dunia” dibuka oleh Sekjen Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH, yang menyampaikan araban dan membuka pertemuan secara resmi dan Pemberian Penghargaan Satker Terbaik Pengelola Kepegawaian.

Administrasi kepegawaian ialah segala macam bentuk kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan masalah pemakaian tenaga kerja atau pegawai untuk mencapai tujuan. Sedangkan tujuan dari administrator adalah untuk menyusun dan mengontrol semua kegiatan untuk memelihara, mengembangkan, mendapatkan ataupun menggunakan seluruh tenaga kerja sesuai dengan beban kerja sehingga tujuan dari organisasi atau perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya dapat tercapai.

Fungsi administrasi kepegawaian dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Fungsi Manajerial (suatu fungsi yang berhubungan dengan penggunaan pikiran, seperti: perencanaan, penegosiasian, pengarahan, dan pengendalian) dan fungsi teknis (suatu fungsi yang berkaitan tentang teknis atau berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan fisik, misalnya: pengadaan, konpensasi, pengembangan, integrasi, pemeliharaan, maupun pemensiunan).

Fungsi umum administrasi kepegawaian adalah Perencanaan Pegawai, Pengorganisasian Kepegawaian dan Pengarahan Pegawai.

Materi yang disampaikan pada pertemuan ini diawali dengan SMART ASN dan Birokrasi Berkelas Dunia oleh Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian PANRB.

Panel 1 yaitu Perencanaan Kebutuhan ASN oleh Asisten Deputi Perencanaan & Pengadaan SDM Aparatur, Kementerian PANRB dan Membangun ASN Kemenkes yang Berintegritas oleh Kepala Biro Kepegawaian Kemenkes RI.

Pada Panel 2 disampaikan materi Penilaian Kinerja 360 derajat dan Penegakan Disiplin Pegawai (Best Practice pada Kementerian Keuangan) oleh Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Layanan Kepegawaian oleh Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian, BKN

Selanjutnya dilakukan Diskusi Kelompok dengan tema :

1. Pemenuhan Kebutuhan PNS dan PPPK di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

2. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai berdasarkan PMK No. 1 Tahun 2019 tentang Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan

3. Pengembangan Kompetensi PNS Kementerian Kesehatan.

4. Penegakan Disiplin Pegawai sebagai Upaya Mewujudkan ASN Kementerian ?Kesehatan yang Lebih Profesional.

Kemudian dilanjutkan dengan Desk Perencanaan Kebutuhan ASN (PNS, PPPK dan Inpassing) dan Presentasi hasil diskusi kelas (kesimpulan dan rencana tindak lanjut)

Acara diakhiri dengan penutupan oleh Kepala Biro Kepegawaian Kemenkes RI, Suhartati, S.Kp., M.Kes, dengan harapan Pertemuan ini akan meningkatkanpemahaman dalam menyusun kebutuhan PNS dan PPPK sesuai dengan ABK dan peta jabatan, meningkatkan Prestasi Kerja PNS di lingkungan Kementerian Kesehatan, merencanakan dan menyusun kebutuhan pengembangan kompetensi PNS sesuai ?standar kompetensi jabatan serta memahami disiplin sebagai salah satu aspek dalam profesionalitas PNS dan meningkatkan penegakan atas pelanggaran disiplin di lingkungan Kementerian Kesehatan.