Buka Bersama Pegawai BBTKL PP Yogyakarta dan Dharma Wanita Persatuan BBTKL PP Yogyakarta bersama Panti Asuhan Nurul Hag


Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT, dan di sebut pula sebagai bulan suci, dimana bulan ramadhan ini diharapkan menjadi wahana untuk menyucikan diri baik jasmani maupun rohani.

Makna bulan Ramadan bagi umat Islam merupakan bulan yang sangat penting dan begitu di muliakan. Banyak peristiwa-peristiwa penting terjadi dibulan Ramadan yang mempengaruhi Islam hingga sampai saat ini. Contohnya saja, bulan Ramadan merupakan bulan diturunkannya wahyu pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW, berupa Al-Qur'an surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Makna bulan Ramadan juga tidak lepas dari keistimewaaan ibadah puasa yang dilakukan umat Islam. Saat bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan melakukan puasa. Puasa adalah menahan diri dari nafsu, makan, minum, dan segala sesuatu yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa di bulan Ramadan dilakukan selama 30 hari selama bulan Ramadan.

Selain itu, masih banyak makna bulan Ramadan yang sangat istimewa karena merupakan bulan yang ditunggu-tunggu dan juga merupakan bulan kemenangan umat Islam.

Makna bulan Ramadan sangat istimewa bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa, karena puasa bisa menghapuskan dosa-dosa dan juga bisa mendapatkan pahala yang sangat banyak. Selain itu, puasa juga bisa mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan juga bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua.

Makna bulan Ramadan berikutnya bagi umat Islam adalah adanya salah satu malam yang dirahasiakan oleh Allah SWT dalam bulan Ramadan yang jika beribadah dan beramal baik pada malam tersebut maka pahalanya lebih baik dari seribu bulan.

Makna bulan Ramadan yang juga sangat istimewa bagi umat Islam adalah, pada bulan Ramadan, segala jenis amal ibadah dan segala jenis perbuatan baik yang didasari karena Allah SWT akan mendapatkan ganjaran dan pahal yang berlipat ganda. Beberapa amal ibadah yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan adalah, salat tarawih, salat sunnah, membaca Al-Qur'an, bersedekah, umrah di bulan Ramadan, dan masih banyak lagi amal ibadah dan perbuatan baik yang bisa dilakukan agar mendapatkan makna bulan Ramadan yang sangat istimewa.

Pada bulan Ramadhan Tahun 2019, 1440 Hijriah, Keluarga Besar BBTKL PP Yohyakarta melaksanakan acara berbuka bersama dan saling berbagi kasih antar sesama dan juga pada Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta.

Momentum buka puasa bersama ini bukan hanya acara rutinitas, namun lebih jauh agar makna dari ibadah puasa dibulan Ramdhan ini untuk meningkatkan kualitas keimanan bagi yang melaksanakannya dengan penuh ikhlas selain itu menekankan semoga umat beragama bisa meningkatkan kualitas kerukunan beragama pegawai BBTKL PP Yogyakarta sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Selain itu kegiatan buka bersama mempunyai makna yang penting yaitu menyambung tali silaturahmi, keakraban maupun kekerabatan. Meskipun bisa jadi setiap hari sudah bertatap muka akan tetapi momen buka puasa merupakan momen yang sangat emosional  dimana biasanya diselingi dengan canda dan tawa.

Selain itu buka puasa bersama BBTKL PP Yogyakarta juga mempunya misi sosial untuk berbagi rezeki, tali asih, sedekah serta sedikit membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang lain.

Di bulan yang penuh berkah, cinta kasih dengan berbagi terhadap sesama, merupakan hal yang tentu sangat menyejukkan jiwa, karena disitulah hakekatnya kebahagiaan jiwa dengan saling berbagi terhadap sesama makhluk ciptaanNya. Kebahagian yang diharapkan bukan hanya sekedar bersifat induvidualistik namun secara sosial kebahagiaan tersebut bisa dicapai dengan saling berbagi.

Momentum di bulan penuh dengan rahmat, cinta dan kasih sayang, BBTKL PP Yogyakarta bersama Dharma Wanita Persatuan BBTKL PP Yogyakarta menggelar buka bersama dan santunan kepada anak yatim, piatu dan kaum Duafa Panti Asuhan Nurul Haq sebagai bentuk rasa cinta dan berbagi kepada sesama. meski acara ini, di adakan secara sederhana, namun cukup penting untuk di ambil hikmahnya, mengingat hal tersebut hakekatnya tidak hanya bisa di lakukan di bulan suci, namun dibulan yang lain, hal itu pun juga patut untuk di lakukan.

Panti Asuhan Nurul Haq adalah Panti Asuhan Putra dan Putri dibawah Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim Dan Dhuafa Madania. Beralamat di Jl. Janti Gg. Gemak, Gedongkuning, Tegal Tandan, Banguntapan, Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta, Indonesia.

Yayasan Madania, kini menaungi 5 panti asuhan, diantaranya Panti Asuhan Nurul Haq, Panti Asuhan Wahyun Asror, Panti Balita Nurulk Haq, Pondok Pesantren Al-Amin dan Wisma Kasepuhan Wahyun Asror. Lima panti asuhan tersebut berjumlah sekitar 200 orang. Terdiri atas anak-anak, remaja, orang tua jompo dan anak-anak yang berkebutuhan khusus dari seluruh provinsi di Indonesia.

Rangkaian acara berbagi di bulan suci Ramadhan, pertama adalah pembukaan Oleh Kepala BBTKL PP Jogjakarta DR. dr. Irene, MKM, dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan saritiawah oleh Anak-anak dari Panti Asuhan Nurul Haq, dan acara inti di isi oleh Ustad yang menjelaskan tentang kualitas berbuasa bagi ummat muslim. Bahwa berpuasa tidak hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar, namun lebih penting lagi bahwa berpuasa adalah menahan hawa nafsu dari perbuatan-perbuatan negatif yang akan membuat manusia celaka dalam hidupnya.

Dilanjutkan dengan acara berbagi kasih  dan berbuka bersama serta shalat magrib berjamaah.

Ramadhan ini seyogianya harus di isi dengan kegiatan-kegiatan positif yang akan berdampak positif juga baik bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan dan masyarakat secara umum. Menjadi manfaat bagi sesama manusia, itulah hakekat kebahagiaan jiwa dengan saling berbagi.