Pembukaan Posko Kesehatan dan Bantuan Komunikasi Arus Mudik/Balik Lebaran Tahun 2019 / 1440 H, 1 Juni 2019


BBTKL PP Jogjakarta dalam mendukung pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2019/1440H, bekerjasama dengan PARKIT, Dinkes Provinsi DIY, PMI DIY, SBH Kwarda DIY, Dinkes Kabupaten Bantul, BPBD Bantul, Camat Sedayu, Polsek Sedayu, Koramil Sedayu, Puskesmas Sedayu 1, SMA Dharma Amiluhur, Mesjid Al Inayah, FKRB Desa Argomulyo, Linmas Desa Argo Mulyo menyelenggarakan Posko Kesehatan dan Bantuan Komunikasi di Dusun Plawonan, Rowulu, Sedayu Bantul.

Pada Sabtu, 1 Juni 2019, posko dibuka secara seremonial Kepala BBTKL PP Yogyakarya, DR. Dr. Irene, MKM, dihadiri stakeholder, lintas sektor, lintas program terkait dan relawan-relawan serta Pramuka dan Saka Bakti Husada.

Mengawali acara adalah Laporan dari Ketua Panitia, Kabid SE, Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes, sambutan dari Camat Sedayu, Drs. Fauzan Mu'arifin dan sambutan serta pembukaan secara resmi oleh Kepala BBTKL PP Jogjakarta.

Posko ini akan dibuka mulai tanggal 30 Mei 2019 sd 7 Juni 2019.

Pada Posko Kesehatan ini disiapkan tempat beristirahat, pemeriksaan kesehatan ringan jika ada keluhan, P3K, Ruangan laktasi dan ambulans untuk merujuk. Posko ini akan siaga 24 jam.

Selain pelayanan medis modern, pihaknya juga akan membuka layanan kesehatan tradisional, seperti pijat refleksi. Layanan ini untuk membantu mereka dalam relaksasi otot setelah tegang berkendara.

Posko ini juga diperkuat dengan Bantuan Komunikasi (Bankom), sebagai suatu kegiatan nyata yang dilakukan oleh PARKIT untuk melakukan bantuan dengan menggunakan sarana KRAP (Radio Antar Penduduk) yang merupakan binaan BBTKL PP Jogjakarta dan sudah menjalin kerja sama (MoU) dengan BBTKL PP Jogjakarta dan tahun ini merupakan Tahun Ke Enam PARKIT memberikan bantuan komunikasi di Posko Kesehatan BBTKL PP Jogjakarta.

Untuk menindaklanjuti Surat Edaran dari Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia selaku Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional Nomor PK.05.01/B.VI/1700/2019 tanggal 27 Mei 1019 perihal Peran Serta SBH dalam Menghadapi Arus Mudik/Balik Hari Raya Idul Fitri 1440H kepada Pinsaka Tingkat Daerah dan Cabang, maka BBTKL PP Jogjakarta juga melibatkan peran aktif Saka Bakti Husadanya pada kegiatan Posko Kesehatan tahun ini. "Rela menolong sudah menjadi kebiasaan Pramuka dari generasi ke generasi, kita juga telah memerintahkan jajaran Kwartir seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat saat mudik”

Pada sore hari setelah pembukaan berkesempatan Ketua PMI DIY, Drs. H. GBPH Prabukusumo, Psi melakukan peninjauan ke Posko Kesehatan dan Bantuan Komunikasi BBTKL PP Jogjakarya.

Diharapkan keberadaan posko ini bisa membantu para pemudik yang hendak istirahat sebelum melanjutkan perjalan, sehingga kondisi kesehatan pemudik tetap terjaga dan bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat.