Peninjauan Jalur Mudik 2019, Pos PAM Ngasem-RS Ortopedi Solo-Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo-Boyolali


Pos Pengamanan Mudik Lebaran Ngasem merupakan satu di antara pos pengamanan yang di Kabupaten Karanganyar yang disiapkan untuk menghadapi mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pelayanan Pos PAM merupakan unit kecil awal penanganan sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat. Pos pengamanan ini mulai aktif dari 29 Mei sampai 13 Juni 2019, untuk arus mudik dan arus balik lebaran.

Selain petugas kepolisian, Pos PAM ini juga akan ditempatkan petugas Dinas Perhubungan dan Kesehatan. 

Bagi pemudik maupun pengemudi yang kelelahan ataupun ingin mengecek kesehatan, di Pos PAM ini juga menyediakan layanan kesehatan sekaligus tempat beristirahat bagi para pemudik yang kelelahan berkendara. 

Diperkirakan bahwa pintu Tol Colomadu akan padat karena pemudik dari Jakarta, jika ingin ke Solo, Yogjakarta, Klaten dan sekitarnya keluar dari pintu ini. Pos terpadu dan pos PAM di sejumlah titik akan membantu kelancaran lalu lintas.

Di Kabupaten Katanganyar menyiapkan satu pos terpadu, 7 Pos PAM dengan melibatkan 500 personel, dibantu 150 dari Satpol PP dan Kesbanglinmas.

Sementara untuk sarana kesehatan di Kabupaten Karanganyar telah disiapkan 8 Rumah Sakit, 21 Puskesmas, 7 Poskes, 27 Klinik, 1 PNI, 1 PSC, 61 Ambulance R4 dengan tenaga kesehatan 58 Dokter, 10 Dokter Gigi, 59 Perawat, 37 Bidan san 19 apoteker.

Dalam kesempatan ini Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) juga mengunjungi RS Ortopedi Solo. Mendampingi menteri kesehatan adalah Dirjen Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer drg. Saraswati, MPH, Direktur Gizi Masyarakat Ditjen Kesmas Ir Doddy Izwardi, MA, Kepala BBTKL PP Yogyakarta DR. dr. Irene, MKM, Direktur Umum, Sumber Daya Manusia dan Pendidikan dr. R.Safil Rudiarto Hendroyogi,Sp.Rad.,MM. dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dr Siti Wahyuningsih.

RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan pelayanan kesehatan juga dituntut terus menerus meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan. Rumah Sakit ini khusus menangani permasalahan Orthopedi yang berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Ortopedi ialah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang cedera akut, kronis, dan trauma serta gangguan lain sistem muskuloskeletal. Tentunya keberadaan RSO sangat mendukung pada Arus Mudik lebaran dalam menangani kecelakaan lalu lintas.

Terakhir Menteri Kesehatan melakukan pemantauan arus mudik di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo - Boyolali yang merupakan Wilayah Kerja dari KKP Kelas II Semarang.

Jumlah kedatangan penumpang periode Lebaran 2019 di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo - Boyolali diprediksi mengalami penurunan pada tahun ini, diprediksi kenaikan penumpang hanya sekitar 6-7 persen dari hari biasa, dimana tahun lalu kenaikan mencapai 12 persen, kondisi tersebut dipengaruhi beberapa faktor, antara lain harga tiket pesawat dan fasilitas jalan tol dari pemerintah. Untuk mengantisipasi pemudik, telah disiapkan Posko Terpadu di lobi terminal keberangkatan.

Adapun untuk penerbangan ekstra atau extra flight periode Lebaran kali ini, baru satu maskapai yang mengajukan, yaitu Batik Air, hingga tanggal 14 Juni 2019, dengan jadwal terbang pukul 07.10 WIB, tujuan Solo – Halim Perdanakusuma – Solo.