Pertemuan Teknis Pelayanan Publik Menuju Satker WBK/WBBM


Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, maka agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, optimal, profesional dan komprehensif pada tanggal 24-25 Juni 2019 BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan Pertemuan Teknis Pelayanan Publik Menuju Satker WBK/WBBM. Pertemuan ini dilaksanakan di aula lantai 3 kantor BBTKLPP Yogyakarta.

Acara hari pertama diawali dengan pembacaan Safety Briefing. Selanjutnya sambutan selamat datang oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBTKLPP Yogyakarta, Dian Trikoriati, S.T., S.K.M., M.P.H. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada narasumber dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Ibu drg. Widyawati, MKM dan Bapak Busroni, SIP. Peserta pertemuan adalah petugas Pelayanan Teknik, Security, Front Office dan pejabat Struktural serta petugas dari KKP Yogyakarta.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu drg. Widyawati, MKM. Materi yang disampaikan  tentang Pelayanan Publik yang Prima, yaitu antara lain mengenai Persepsi terhadap SDM Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi, UU No. 25 tahun 2009, UU No. 8 tahun 1999, Asas Pelayanan Publik, dan Standart Pelayanan. Dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Busroni, SIP yaitu Tata Cara dan Praktek Penerimaan Telephon dari Pelanggan. Disampaikan dalam materi ini Prinsip Komunikasi dalam Layanan, Hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan selama menerima telephon, service excellent, dan praktek menerima telephon.

Materi pada hari kedua disampaikan oleh Bapak Busroni, SIP tentang Tata Cara dan Praktek Melayani Pelanggan. Pada sesi ini diajarkan dan praktek langsung melayani pelanggan, antara lain cara menyerahkan atau menerima sesuatu dari pelanggan, cara berkomunikasi dengan pelanggan anak-anak yang masih kecil, cara tersenyum yang benar sesuai teori 257.

Materi langsung dilanjutkan dengan Etika kepada pelanggan. Pada materi ini disampaikan bagaimana sikap yang seharusnya dalam melayani pelanggan.

Pertemuan ditutup oleh Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes, Kepala Bidang Surveilans dan Epidemiologi BBTKLPP Yogyakarta dengan menyampaikan ucapan terima kasih untuk nara sumber dan seluruh peserta. Semoga materi yang sudah didapat bisa diterapkan dalam pelayanan sehari-hari sehingga pelayanan yang diberikan menjadi lebih baik.