Rapat koordinasi dan sosialisasi Peraturan Bupati Purworejo Nomor 17 Tentang Percepatan Eliminasi Malaria


Dalam rangka mendukung upaya eliminasi malaria di Pulau Jawa Bali tahun 2023, pada hari jumat,  tanggal 28 Juni 2019 bertempat di Gedung Arahiwang Setda Kabupaten Purworejo diadakan sosialisasi Perbup No 17 tahun 2019 tentang Percepatan Eliminasi Malaria.  Pertemuan yang dihadiri oleh sebanyak 74 orang stakholder lintas sektor di Kabupaten Purworejo dan 2 orang dari BBTKLPP Yogyakarta yaitu Kepala BBTKL PP Yogyakarta, DR dr. Irene, MKN dan Kabid Surveilans Epidemiologi, Sayekti Udi Utama, SKM, M. Kes) dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Purworejo Yuni Hastuti. dalam arahannya wabup purworejo berharap dengan terbitnya Perbub ini  menunjukkan sebuah langkah dan kontribusi yang nyata dari pemerintah daerah dalam mendukung percepatan eliminasi malaria di Purworejo satu tahun lebih cepat Dari target Yang dicanangkan pada tahun 2023 di wilayah jawa dan Bali menjadi tahun 2022.

Selanjutnya sebelum paparan terkait sosialisasi Perbub no 17 tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan Yang diwakili Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. Dr.  Irene,  MKM. menyampaikan paparan terkait situasi,  upaya Dan tantangan eliminasi malaria di kawasan menoreh.  Dalam paparannya Kepala Balai menyampaikan apresiasi atas capaian Kabupaten Purworejo  Yang sampai bulan juni 2019 ini berhasil mempertahankan utk tdk terjadi kasus indegeunus di wilayahnya walaupun dengan tantangan yang sangat kompleks. Dalam bagian akhir beliau mengharapkan bahwa keberhasilan eliminasi malaria di Purworejo tidak akan tercapai apabila tidak didukung oleh semua OPD lain di Purworejo sehingga integrasi Dan sinkronisasi program antar OPD sangat diperlukan untuk sama-sama membuat gebrakan dalam upaya eliminasi malaria.

Paparan selanjutnya disampaiakan Kepala Dinas Kesehatan Purworejo dr.  Sudarmi, M.Kes. Dalam paparannya beliau menyampaian terkait materi situasi malaria di Purworejo tahun 2019 dengan penekanan materi terkait berbagai upaya yang telah dilakukan dalam pencapaian eliminasi tahun 2022 serta harapannya pada semua OPD untuk bersama sama dalam penyelesaian malaria di Purworejo.

Pada bagian akhir material sosialisasi Perbub di sampaikan oleh Kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo.  Dalam perbub no 17 tahun 2019 ini diatur terkait strategi dan peran lintas sektor dalam pengendalian malaria di Kabupaten Purworejo.