Implementasi Model / Teknologi sterilisasi alat makan dan Daily Air Purification ( sterilisasi udara ruang ) di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali, Provinsi JawaTengah.


Pada tanggal 5 Juli 2019 dilaksanakan Kegiatan Implementasi Model/Teknologi sterilisasi alat makan dan Daily Air Purification ( sterilisasi udara ruang )  di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali, Provinsi JawaTengah.

Kegiatan ini diawali dengan diskusi rencana pelaksanaan kegiatan bersama Bapak Bambang Sumanto, S.H., M.M. Kepala Bidang BPKD Unit Pengelolaan Asrama Donohudan dan Bapak Joko Pujiyono Kepala Sub Bagian Umum Tata Usaha Unit Pengelolaan Asrama Donohudan
Model/Teknologi sterilisasi alat makan dan Daily Air Purification ( sterilisasi  udara ruang) ini merupakan hasil inovasi dari Instalasi Laboratorium  Penapisan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna yang berada di bidang Pengembangan Teknologi Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta.
Kegiatan Implementasi ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu dilakukan sosialisasi kegiatan dan penggunaan alat serta dialog interaktif dengan petugas pengelola Asrama Donohudan dan pengolah makanan. Materi sosialisasi yang disampaikan berupa penggunaan Model/Teknologi Sterilisasi alat makan dan Daily Air Purification ( sterilisasi udara ruang )  yang akan dihibahkan, meliputi komposisi alat dan bahan, bagian-bagian alat, fungsi, kegunaan, cara kerja atau cara pemakaian dan  cara perawatan alat.

Setelah sosialisasi, kemudian dilakukan Uji fungsi Alat.

A. Uji Fungsi Model/Teknologi sterilisasi alat makan oleh petugas BBTKLPP  Yogyakarta  dengan melakukan pengambilan sampel/contoh uji usap alat makan, sebanyak 9 (sembilan) contoh dengan rincian sebagai berikut :

  1. Satu contoh usap alat piring sebelum dilakukan sterilisasi
  2. Satu contoh usap alat gelas sebelum dilakukan sterilisasi
  3. Satu contoh usap alat sendok sebelum dilakukan sterilisasi
  4. Satu contoh usap alat piring setelah dilakukan sterilisasi selama 30 menit
  5. Satu contoh usap alat sendok setelah dilakukan sterilisasi selama 30 menit
  6. Satu contoh usap alat gelas setelah dilakukan sterilisasi selama 30 menit
  7. Satu contoh usap alat piring setelah dilakukan sterilisasi selama 45 menit
  8. Satu contoh usap alat sendok setelah dilakukan sterilisasi selama 45 menit
  9. Satu contoh usap alat gelas setelah dilakukan sterilisasi selama 45 menit


B.    Uji fungsi Model/Teknologi Daily Air Purification ( sterilisasi udara ruang )  Petugas BBTKLPP  Yogyakarta  selanjutnya melakukan pengambilan contoh udara ruang di Gedung Mekkah, Lantai 1, Kamar no A1, sebanyak 4 (empat) contoh dengan rincian sebagai berikut :

  1. Satu contoh udara sebelum dilakukan sterilisasi
  2. Satu contoh udara setelah dilakukan sterilisasi selama 30 menit
  3. Satu contoh udara setelah dilakukan sterilisasi selama 45 menit
  4. Satu contoh udara setelah dilakukan sterilisasi selama 60 menit

Kemudian dari sampel/contoh uji tersebut diperiksa di Instalasi Laboratorium Biologi Lingkungan BBTKLPP Yogyakarta, untuk mengetahui efektifitas alat sterilisasi alat makan dan udara ruang.