Jalan Sehat BBTKLPP Yogyakarta


Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 di BBTKLPP Yogyakarta akan diadakan serangkaian acara meliputi berbagai macam lomba dan upacara. Lomba-lomba yang akan diadakan antara lain lomba volly, tenis meja, memasukkan pensil dalam botol, membawa kelereng dengan sendok, makan pisang, memindahkan air dalam baskom, membawa tampah di atas kepala yang berisi bola.

Rangkaian acara diawali dengan dilaksanakannya jalan sehat pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2019 yang diikuti oleh seluruh pegawai BBTKLPP Yogyakarta. Bendera start dikibarkan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta. Rute yang ditempuh sejauh sekitar 3 Km menyusuri jalan kampung di sebelah timur kantor dan melewati situs cagar budaya Watu Gilang yang terletak di tengah-tengah pemukiman di Kampung Gilang, Baturetno, Banguntapan, Bantul, DIY. Dinamakan “Watu Gilang” mungkin karena letaknya ada di Kampung Gilang.

Watu Gilang berupa batu monolith dari batu tuffa (tuffa stone), bentuknya empat persegi panjang dengan relief di sisi-sisinya. Ukurannya cukup besar yaitu ukuran alas 255 cm x 260 cm x 100 cm, dan ukuran permukaan 240 cm x 230 cm. Pada bagian atas situs rata tidak ada ukiran, namun tepat di tengahnya terdapat lubang sedalam 15 cm dengan diameter 28 cm. Di setiap dinding badan memiliki 2 panel relief. Bentuk reliefnya sendiri menggambarkan berbagai macam binatang, serta dihiasi dengan ornamen bunga dan sulur-suluran.

Pada dinding batu sebelah Utara digambarkan ikan dan musang. Pada sisi Timur dihiasi dengan relief sapi dan kambing, pada sisi sebelah Selatan dihiasi dengan burung dan kuda dan pada sisi Barat terdapat relief Gajah dan Kuda Terbang, dengan sayapnya yang terkembang. Dari cerita mulut ke mulut, ada pendapat yang mengatakan bahwa penggambaran binatang-binatang itu merupakan simbol dari tokoh-tokoh wayang, yang tentu saja sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat kita sejak lama.

Itu sekilas tentang cagar budaya Watu Gilang.

Jalan sehat diakhiri dengan acara ramah tamah di area parkir. Makan bersama seluruh warga BBTKLPP Yogyakarta dengan sajian menu khas Yogyakarta yaitu angkringan lengkap dengan nasi kucing, telur puyuh, kacang rebus, pisang rebus, ketela rebus, berbagai macam gorengan dan dawet.