Pertemuan Pembahasan Laboratorium Kesehatan Masyarakat, Pontianak


Kegiatan Pertemuan pembahasan laboratorium Kesehatan Masyarakat (Laboratorium Entomologi dan Laboratorium Kesehatan Lingkungan) dilaksanakan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Pontianak pada tanggal 19-21 July 2019. BBTKL PP Yogyakarta dihadiri langsung oleh Kepala BBTKL PP Yogyakarta, DR. dr. Irene, MKM bersama Kabag TU.

Kegiatan dimulai pada hari Jumat, jam 14.00 diawali dengan pembukaan oleh Sesdirjen P2P (dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA) dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Badan Litbangkes (dr. Siswanto, MPH, DTM) dengan judul Kebijakan Pengembangan Laboratorium di Indonesia.
Selanjutnya penyampaian materi oleh Direktur Kesehatan Lingkungan (dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO) dengan judul Kebijakan dan Strategi Direktorat Kesling di KKP dan B/BTKL PP.

Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi dan Tanya Jawab dibawah pimpinan Kepala Badan Litbangkes
Pada hari Sabtu, 20 Juli 2019, kegiatan dimulai pada jam 09.00, diawali dengan Arahan dan Dirjen P2P (dr. Anung Sugihantono, M.Kes).
Dilanjutkan dengan Pemaparan Kapus UKM Badan Litbangkes (Dr. dr. Vivi Setyawati, M.Biomed) dengan judul Peta Jalan Pengembangan Laboratorium Kesehatan Lingkungan.

Selanjutnya dilakukan pembahasan Draft Permenkes Labkesmas, yang terdiri dari 19 Bab dan 24 Pasal.dengan beberapa point sebagai berikut:

  1. Bahwa untuk melakukan surveilans, upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang berpotensi kedaruratan kesehatan masyarakat (KKM) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, perlu dibentuk laboratorium kesehatan masyarakat.
  2. Bahwa penyelenggaraan laboratorium kesehatan masyarakat dilaksanakan secara sinergi oleh laboratorium pusat dan daerah.
  3. Laboratorium Kesehatan Masyarakat adalah laboratorium kesehatan yg melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia, dan/atau bidang lain penyakit dan faktor risiko kesehatan yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan terutama untuk menunjang upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.