Pertemuan Persiapan Implementasi eSIMDADU di UPT B/BTKL PP Se Indonesia (5 B/BTKL PP)


Dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Balai/ Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit  (B/BBTKLPP), diperlukan dukungan teknologi informasi berupa penggunaan aplikasi Elektronik Sistem Informasi Manajemen Data Terpadu (eSIMDADU).

Pertemuan koordinasi persiapan implementasi aplikasi eSIMDADU B/BTKL PP pada tanggal 8 s.d 10 Agustus 2019 dilaksanakan di Kantor BBTKLPP Yogyakarta, dibuka oleh Kepala BBTKL PP Yogyakarta, DR. dr. Irene, MKM.

Koordinasi ini bertujuan untuk membuat standarisasi alur dan format yang terdapat dalam aplikasi tersebut dan dihadiri oleh B/BTKL PP yang akan mengimplementasikan eSIMDADU, sebagai berikut:

  1. BBTKL PP Yogyakarta
  2. BBTKL PP Surabaya, Kasi PP dan Plt. Kasi TL Dwi Sulaksono, ST, M.Kes beserta tim.
  3. BBTKL PP Jakarta, dihadiri oleh Kabid PTL dr. Grace Ginting Munthe, MARS beserta tim.
  4. BTKL PP Kelas I Medan, dihadiri oleh Plt Kepala Priagung A. Bowono, SKM, M.Med, Sc (PH) beserta tim.
  5. BTKL PP Kelas I Palembang, Kabid PTL Dr. Erma Gustina, ST, M. Kes beserta tim.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan sebagai berikut:

  1. Seluruh peserta sepakat bahwa dalam penyusunan format output yang akan digunakan pada aplikasi eSIMDADU harus mengacu pada peraturan-peratuan/panduan yang berlaku. Format output yang akan disepakati meliputi form registrasi contoh uji, form distribusi contoh uji, form laporan/sertifikat hasil uji dan laporan eksekutif manajemen.
  2. Seluruh peserta sepakat akan bersama-sama melaksanakan implementasi aplikasi eSIMDADU pada B/BBTKLPP dengan mengacu pada format output pada aplikasi yang telah disepakati bersama. Format output akan disampaikan sebagai lampiran dari kesepakatan.
  3. Seluruh peserta sepakat akan bersama-sama dalam pelaksanaan implementasi aplikasi eSIMDADU, setiap B/BBTKLPP menunjuk 1 (satu) orang sebagai administrator aplikasi yang akan dijadikan sebagai technical support kepada user.
  4. Seluruh peserta sepakat akan bersama-sama dalam pelaksanaan implementasi aplikasi eSIMDADU, apabila B/BBTKLPP belum memiliki perangkat hardware berupa server, maka akan aplikasi eSIMDADU yang digunakan akan ditempatkan pada server yang dimiliki oleh BBTKLPP Yogyakarta.
  5. Penyusunan format pada aplikasi yang belum terselesaikan pada pertemuan ini terkait dengan kebijakan dengan Unit Utama (Dijten P2P), dapat dijadikan bahan diskusi dan rekomendasi pada rapat pimpinan.
  6. Kegiatan penyusunan format dan implementasi aplikasi eSIMDADU sebaiknya melibatkan dari B/BBTKLPP lainnya.