Pemeriksaan Executive Brain Assesment (EBA) di BBTKLPP Yogyakarta Oleh Pusat Analisis Determinan Kesehatan


Menindaklanjuti Kepmenkes no HK.01.07/menkes/580/2017 tentang rencana aksi revolusi mental di lingkungan kementerian kesehatan,   maka perlu penguatan manajemen perubahan. Salah satu upaya dengan melakukan sistem pengukuran  kesehatan intelegensia pejabat struktural dan fungsional yang dapat digunakan sebagai rekomendasi pengangkatan dan pengisian kebutuhan jabatan struktural  dan fungsional tertentu sekaligus analisis kebutuhan pengembangan dan pelatihan. Untuk itu dilaksanakan  pemeriksaan  executive brain assesment (EBA) di UPT yang sedang dalam proses penilaian WBK/WBBM Kemenpan RB diantaranya BBTKLPP Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pusat Analisis Determinan Kesehatan  dengan jumlah tim 3 orang tanggal 3 September 2019 di BBTKLPP Yogyakarta. Peserta pemeriksaan EBA sebanyak 53 orang yang terdiri dari pejabat struktural, pejabat fungsional dan CPNS.

Acara dibuka oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr.dr. Irene, M.K.M yang menyampaikan pesan supaya peserta dapat mengikuti dengan sebaik baiknya dan jawab semua pertanyaan sesuai kondisi yang sebenarnya supaya hasilnya dapat dievaluasi dan ditindaklanjuti dengan tepat. Selanjutnya disampaikan  materi pengantar pemeriksaan EBA oleh tim,   pemeriksaan

EBA oleh semua peserta dan penutupan.

Diharapkan dengan terlaksananya pemeriksaan EBA maka memudahkan organisasi untuk memperoleh figur-figur pejabat struktural dan fungsional yang profesional dengan modalitas belajar dominasi penalaran dan preferensi berfikir yang memadai untuk melaksanakan kewenangan strategis dalam kebijakan kesehatan.