Pelaksanaan Training SAKTI melalui aplikasi Zoom


Sehubungan dengan akan diterapkannya Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah melalui Menteri Keuangan Nomor 159/PMK.08/2018 tanggal 14 Desember 2019 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI .

proses terbentuknya SAKTI yang merupakan pengintegrasian berbagai sistem aplikasi pengelolaan keuangan yang saat ini berlaku, yaitu aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker) pada bendahara, aplikasi RKAKL pada penganggaran, aplikasi Simak BMN pada persediaan, serta aplikasi SAIBA pada laporan keuangan. "Dengan terintegrasinya seluruh sistem aplikasi pengeloaan keuangan negara ini, akan memudahkan dalam pengambilan data dan dalam fungsi pengawasan keuangan Negara

Saat ini telah dikembangkan SAKTI Web yang merupakan versi Web Based dari Aplikasi SAKTI desktop dan rencananya SAKTI Web tersebut akan diimplementasikan pada seluruh Satuan Kerja pada akhir tahun 2019. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan adanya training dalam rangka sharing knowledge serta sosialisasi kepada seluruh Satuan Kerja MItra KPPN Yogyakarta terkait SAKTI dan juga SAKTI Web.

Dalam rangka koordinasi persiapan training SAKTI kepada seluruh Satuan Kerja MItra KKPN Yogyakarta dimaksud, maka KPPN telah melakukan Video Conference dengan Satuan Kerja Mitra KPPN Yogyakarta pada hari Kamis tanggal 12 September 2019 melalui aplikasi Zoom dengan room id 727.384.0624
Mengingat pentingnya persiapan implementasi SAKTI demi berjalannya fungsi pengawasan keuangan Negara, pelaksanaan Video Conference telah dilakukan secara langsung (live) oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.dr.Irene, MKM didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Dian Trikoriati, ST, SKM, MPH dan Operator SAKTI Dani Martanto, SE di ruang Kepala BBTKLPP Yogyakarta dengan durasi 120 menit. Pada sesi Video Conference dilakukan dengan metode wawancara atau tanya jawab hal-hal yang belum diketahui oleh Satuan Kerja seputar SAKTI dan saat itu juga diberikan jawaban melalui penjelasan oleh2 orang  Narasumber dari KPPN Yogyakarta terdiri dari Sdr.Wakhid dan Sdr.Mardiyah.

Dari kegiatan ini diperoleh informasi dan hal-hal penting terkait gambaran umum serta langkah-langkah persiapan implementasi SAKTI.

SAKTI merupakan hal baru bagi Satuan Kerja MITRA KPPN Yogyakarta sehingga akan terus dilakukan pendampingan secara khusus dan berkesinambungan oleh KPPN Yogyakarta sampai penerapan SAKTI benar-benar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan diharapkan sistem penggunaan dan pengawasan Keuangan Negara akan menjadi lebih baik di era mendatang.