Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Realisasi PNBP TA 2019 di Lingkungan Kementerian Kesehatan


Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta mengikuti pertemuan Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Realisasi PNBP TA 2019 di Lingkungan Kementerian Kesehatan yang diselenggarakan oleh Biro Keuangan dan BMN pada tanggal 25-27 September 2019 di Harris Hotel dan Convention Ciumbuleuit Bandung. Satker yang diundang sebanyak 149.  BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Bendahara Penerima, Sunarsih, S.E. dan Pengelola PNBP, Sri Ningsih, S.ST., M.T.

Acara dibuka pada tanggal 25 September 2019. Pada pembukaan acara disampaikan laporan panitia dan sambutan pembukaan. Laporan panitia oleh Ka. Bag. TLK dan Perbendaharaan, Bapak Nugroho. Dalam laporannya disampaikan bahwa tujuan pertemuan adalah untuk meningkatkan laporan PNBP dan meminimalkan kesalahan dalam pelaporan. Sambutan pembukaan oleh Kepala Biro Keuangan dan BMN, Drs. Setyo Budi Hartono, M.M. Dalam sambutannya disampaikan bahwa selama enam tahun berturut-turut Kemenkes mendapatkan opini WTP. Kemenkes juga mendapat opini tertinggi dari BPK. Menurut penilaian KPK, Kemenkes mendapatkan predikat terbaik kedua, di bawah Kementerian Keuangan. Disampaikan pula bahwa PP RI No. 64 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Kesehatan telah terbit menggantikan PP RI No. 21 Tahun 2013.

Setelah pembukaan,acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Overview Target dan Realisasi PNBP. Narasumber Kepala Biro Keuangan dan BMN, Drs. Setyo Budi Hartono, M.M. dengan moderator Ka. Bag. TLK dan Perbendaharaan, Bapak Nugroho.

Pada hari kedua tanggal 26 September 2019 acara diawali dengan penyampaian materi tentang Manajemen Resiko dalam Pengelolaan PNBP. Narasumber dari Direktorat PNBP Bapak Robby Martaputra didampingi Bapak Bima Panji Dharma. Moderator oleh Ka. Subbag. TLK 1, Bapak Roy Berridge.

Materi kedua Kebijakan Penyusunan Rencana Penggunaan Dana PNBP. Narasumber dari Direktorat PNBP Bapak Robby Martaputra dengan moderator Kepala Bagian TLK II, Ibu Rahani.

Materi ketiga Sosialisasi Single Source Database (SSD) PNBP oleh Direktorat PNBP, Bapak Bima Panji Dharma dengan moderator Ka. Subbag. TLK I, Bapak Roy Berridge.

Tanggal 27 September 2019 di hari ketiga pertemuan disampaikan materi tentang Matrik Sebelum Menjadi PP tentang Jenis dan Tarif PNBP Kemenkes. Narasumber Ka. Subbag. TLK I, Bapak Roy Berridge.

Dengan berakhirnya materi tersebut maka berakhir pula seluruh rangkaian acara. Pertemuan ditutup oleh Ka. Bag. TLK dan Perbendaharaan, Bapak Nugroho. Disampaikan ucapan terima kasih dan harapan semoga pertemuan dapat bermanfaat dan kita dapat mempertahankan opini WTP yang telah diraih selama ini.