Pelaksanaan Audit Surveilans ISO 9001:2015 TCL BBTKLPP Yogyakarta


Audit Surveilans adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh badan sertifikasi independen setiap enam bulan atau satu tahun sekali terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO. Tujuan audit tersebut yaitu untuk menentukan apakah organisasi tersebut masih berhak menyandang sertifikat ISO atau tidak.

BBTKLPP Yogyakarta juga dilakukan audit surveilans dari TCL pada tanggal 3 Oktober 2019. Opening meeting dilaksanakan di Aula Lantai III,  dihadiri oleh Tim Pelaksana Implementasi ISO 9001: 2015. Acara dibuka oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, M.K.M. Dalam sambutan pembukaan disampaikan  ucapan terima kasih untuk Tim Pelaksana Implementasi ISO 9001:2015 yang telah menghadiri acara. Ucapan terima kasih juga untuk auditor Bapak Yuwono Dwisilo Sucipto dari TCL serta permohonan maaf atas diundurnya jadwal pelaksanaan audit surveilans ISO 9001:2015.

Sambutan kedua dari auditor, Bapak Yuwono Dwisilo Sucipto. Diucapkan terima kasih kepada BBTKLPP Yogyakarta atas penyambutan yang telah diterima.
Disampaikan pula dalam sambutannya, tujuan dari kegiatan survei sama dengan kegiatan audit yang sebelumnya, yaitu memberi masukan untuk peningkatan berkelanjutan BBTKLPP Yogyakarta. Penyampaian klasifikasi temuan ada 3 : major, minor dan observasi. Jika ada temuan major, maka sertifikat ditunda; jika temuan minor, sertifikat masih direkomendasikan tetapi tetap harus melakukan pencarian akar penyebab masalahnya dan dilakukan tindakan revisi; jika temuan bersifat observasi, dari sudut pandang auditor akan memberikan saran. Adapun pelaksanaan audit dilaksanakan berurutan di Manajemen Representatif (MR), Subbag Program dan Laporan, Bidang Surveilans Epidemiologi, Bidang Pengembangan Teknologi Laboratorium, dan Bidang ADKL.

Sebelum auditor melaksanakan audit terlebih dahulu dilakukan perkenalan singkat tim pelaksana implementasi ISO 9001:2015 oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta. Dilanjutkan audit yang dilakukan di masing-masing ruang bidang/bagian.

Setelah audit selesai, pada hari dan tanggal yang sama dilakukan Closing Meeting yang diawali dengan penyampaian hasil audit oleh auditor Bapak Yuwono Dwisilo Sucipto dari TCL. Sebelumnya disampaikan pemaparan materi pengantar tentang Audit Criteria, Audit Scope dan Surveilans Audit.

Dari hasil audit ditemukan satu ketidaksesuaian kategori minor di Bagian Manajemen Representatif dan ada tujuh saran dari auditor. Pemaparan hasil audit dilanjutkan dengan diskusi. Dalam diskusi ada pertanyaan dari Kepala Bagian TU selaku Manajemen Representatif (MR) terkait batas waktu penyelesaian temuan yang langsung disepakati dalam waktu lima hari sudah direspon dan bukti dilampirkan pada audit yang akan dilaksanakan di waktu mendatang.

Acara kemudian ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, M.K.M. dengan harapan kedepannya agar audit bisa dilaksanakan dan berjalan sesuai dengan jadwal.