Sosialisasi Pelaksanaan PP RI Nomor 64 Tahun 2019 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Kesehatan RI


Sehubungan dengan telah terbitnya PP RI No. 64 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Kesehatan yang telah diundangkan tanggal 17 September 2019 dan sudah harus mulai berlaku 30 hari sejak diundangkan yaitu  tanggal 17 Oktober 2019 serta berdasarkan Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit bahwa satker harus segera melakukan sosialisasi kepada pengguna layanan PNBP maka pada hari Jumat, tanggal 11 Oktober 2019 BBTKLPP Yogyakarta melakukan Sosialisasi Pelaksanaan PP RI No. 64 Tahun 2019 kepada pelanggan.

Sosialisasi dilaksanakan di Aula Lantai 3 BBTKLPP Yogyakarta yang dihadiri oleh 34 perwakilan pelanggan dari 50 pelanggan yang diundang, dihadiri pula oleh pejabat struktural dan kepala instalasi. Pelanggan yang diundang antara lain dari instansi pemerintah, perusahaan, rumah sakit, dan hotel.

Acara diawali sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para pelanggan. Disampaikan pula permohonan maaf untuk saat ini pelayanan yang diberikan mungkin sedikit kurang optimal karena adanya rencana pindah gedung pada bulan November-Desember 2019. Dalam pertemuan ini akan disampaikan pula aplikasi e-Lang dan Playstore. Setelah sambutan, acara dibuka secara resmi.

Acara dilanjutkan dengan paparan secara paralel :

  1. Materi 1 :Sosialisasi PP RI No. 64 Tahun 2019 oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Dian Trikoriati, S.T., S.K.M., M.P.H.
    Pada materi ini ditayangkan perbandingan tarif antara PP yang lama yaitu PP RI No. 21 Tahun 2013 dengan PP yang baru yaitu PP RI No. 64 Tahun 2019. Disampaikan pula bahwa tidak diperbolehkan memungut PNBP yang tidak ada dasar hukumnya.
  2. Materi 2 : Sosialisasi  Pelayanan Pengambilan Contoh Uji oleh Kepala Bidang PTL, Indah Nurhaeni, S.Si, M.Sc.
    Dipaparkan jenis-jenis paket pelayanan yang ada di BBTKLPP Yogyakarta beserta kemampuan laboratorium dalam melakukan pengambilan contoh uji. Kepala Bidang PTL juga berpesan apabila ada keluhan tentang pengambilan, pengujian atau apapun agar disampaikan langsung ke BBTKLPP Yogyakarta atau bisa menghubungi Instalasi Pelayanan Teknik.
  3. Materi 3 : Sosialisasi  Aplikasi e-Lang dan Playstore oleh Mardiansyah, S.Kom.
    Materi ini tentang aplikasi yang memudahkan pelanggan untuk mengakses status contoh uji yang diujikan di BBTKLPP Yogyakarta melalui android di manapun berada. BBTKLPP Yogyakarta juga akan menggunakan sms gateway untuk memberitahukan hasil uji sudah jadi atau  ada keterlambatan. Aplikasi akan dicoba pada bulan November-Desember 2019, nantinya diharapkan saran dan masukan dari pelanggan untuk dapat menyempurnakan aplikasi ini.

Pelanggan terlihat begitu antusias dan penuh perhatian dalam mengikuti sosialisasi materi demi materi. Diskusi berjalan lancar dan cukup banyak tanggapan maupun pertanyaan yang disampaikan antara lain dari RSUD Tidar Magelang, RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Hotel Santika Yogyakarta, Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Hotel Melia Purosani Yogyakarta, dan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Sebelum acara ditutup terlebih dahulu disampaikan arahan dari Kepala BBTKLPP Yogyakarta. Dalam arahannya disampaikan bahwa BBTKLPP Yogyakarta merupakan instansi WBK, dimohon untuk tidak memberikan apapun baik uang maupun barang kepada petugas selain biaya yang ditagihkan. Dengan adanya aplikasi-aplikasi yang terus dikembangkan diharapkan dapat memudahkan pelanggan dan dapat menekan keterlambatan hasil uji. Selanjutnya acara ditutup secara resmi dengan harapan kerja sama tetap  terjalin dengan baik. Di gedung yang baru mudah-mudahan pelayanan dapat lebih baik dan lebih cepat seperti yang diinginkan pelanggan.