Workshop Metrologi Bidang Lingkungan Tahun 2019 di P3KLL Serpong Tangerang


Pada tanggal 23 Oktober 2019, BBTKLPP Yogyakarta mengikuti undangan Workshop Metrologi Bidang Lingkungan Tahun 2019 di  Pusat Penelitian Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK), Serpong, Tangerang Selatan. Acara dihadiri oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr.  Irene,  MKM dan Kasi Teklab Nila Cakrawati,  ST,  MSc.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bidang Metrologi dan Kalibrasi Pusat sebagai Ketua Panitia,  Ir. Wisnu Eka Yulyanto. Dalam sambutannya disampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk pengembangan metrologi bidang lingkungan dan nantinya akan menjadikan  laboratorium lingkungan yang diundang menjadi laboratorium expert. Laboratorium yang dipilih berjumlah 22 sedangkan yang hadir ada 20 laboratorium.
Setelah sambutan dari ketua panitia, dilanjutkan sambutan dari Kepala P3KLL Ir. Herman Hermawan, MM, sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya diharapkan pada akhir acara diperoleh rencana tindak lanjut (RTL) yang nantinya pada tahun berikutnya akan dievaluasi.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi dan diskusi kelompok. Materi yang diberikan adalah :

Peranan Jejaring Laboratorium Pengujian Terkait dengan Metrologi di Bidang Lingkungan oleh Ir. Wisnu Eka Yulyanto; Penyelenggaraan Uji Profisiensi 2018 oleh Sufenal Healthi SSi, MSi; Ketertelusuran Pengujian untuk Parameter DHL, Zn dan Mn oleh Ernawati Nasir, SSi; Pengujian dan Ketertelusuran Parameter Merkuri oleh Ibu Affrida Esther South.  Setelah pemberian materi dilakukan diskusi kelompok, dimana peserta dibagi menjadi 2 kelompok yaitu : Kelompok DHL, Zn dan Mn (I) dan Kelompok Merkuri (II). Dalam diskusi ini dilakukan sharing pengalaman pengujian parameter sesuai kelompoknya, dimana nantinya peserta mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam pengujian dan bagaimana cara mengatasinya. Selanjutnya dilakukan presentasi masing-masing kelompok. Keikutsertaan dalam acara ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja laboratorium di BBTKLPP Yogyakarta.