Table Top Exercise-Tata laksana Penyakit Menular Terkait Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKM-MD) di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta


Pada tanggal 21 Oktober 2019 RSUP Dr. Sardjito menggelar Table Top Exercise –Tata laksana Penyakit Menular terkait kedaruratan kesehatan masyarakat  yang Meresahkan Dunia (KKM-MD). Bertempat di ruang seminar, Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr. Sardjito, acara dihadiri selain dari internal RSUP Dr. Sardjito juga dari berbagai lintas sektor di D.I. Yogyakarta diantaranya BPBD DIY, KKP Yogyakarta, RSUD di wilayah DIY, Dinkes DIY dan BBTKLPP Yogyakarya yang diwakili oleh Kasie Advokasi dan KLB. Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk: 1) Reviu bersama terkait panduan/prosedur/alur terkait system dan jejaring penanggulangan KKM-MD di Yogyakarta; 2) mengidentifikasi permasalahan; 3) merencanakan tindak lanjut.

Kegiatan dilaksanakan dengan diskusi kelompok terfokus. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Selanjutnya dipaparkan beberapa skenario untuk didiskusikan oleh masing-masing kelompok dan selanjutnya masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya kepada audience. Dari hasil diskusi kelompok terfokus beberapa hal dicatat untuk ditindaklanjuti oleh berbagai sector terkait diantaranya: 1) perlunya penunjukan RS rujukan selain dua RS rujukan yang sudah ditunjuk oleh Kemenkes dan perlu dipikirkan sumber pembiayaan bagi kasus terkait KKM-MD yang dirawat selain di dua RS yang ditunjuk oleh Kemenkes, 2) adanya potensi untuk pembiayaan pada point 1 tersebut dari anggaran BPBD DIY namun untuk itu perlu dibuat payung hukumnya oleh dinas terkait, 3) perlu adanya opsi transportasi kasus terkait KKM-MD (ambulans) selain dari RS rujukan, 4) akan dilakukan Table top Exercise internal RSUD sardjito untuk memantapkan kesiapsiagaan RS dalam menghadapi penyakit menular KKM-MD.